4 Tips agar Fingerprint HP Android Lebih Cepat dan Akurat

Telset.id – Mulai dari smartphone entry-level hingga kelas premium, pasti punya sistem keamanan fingerprint atau sidik jari. Akan tetapi, responsivitas sensor sidik jari di berbagai kelas smartphone pasti berbeda-beda. Bisa saja terjadi, sidik jari di HP Android murah tidak lebih cepat atau lemot dibandingkan ponsel Android yang lebih mahal.

Pasalnya, semakin tinggi kelas smartphone, biasanya memiliki sensor sidik jari yang lebih baik. Lalu, bagaimana cara mengatasi kalau sensor fingerprint di HP Android lemot?

Tenang, tim Telset.id punya beberapa tips agar fingerprint ponsel Android lebih cepat dari biasanya. Yuk simak!

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Terbaru}

Pastikan tangan dalam keadaan bersih

Fingerprint HP Android

Sensor fingerprint akan lebih mudah membaca sidik jari pengguna dalam keadaan bersih. Jika jari pengguna kotor atau berminyak, maka pastikan dibersihkan sebelum menyentuh sensor.

Sebab, tidak hanya sidik jari akan sulit terbaca, tapi juga dapat mengurangi kemampuan fingerprint dalam membaca sidik jari. Bahkan lebih parah lagi, bisa mengalami kerusakan.

Sensor fingerprint dalam keadaan bersih

Fingerprint HP Android

Selain jari tangan harus bersih, hal lain yang juga harus diperhatikan adalah kebersihan sensor fingerprint. Apalagi untuk smartphone kelas menengah ke bawah yang masih menggunakan modul fingerprint di luar, seringnya pemakaian smartphone juga akan menyebabkan debu dan kotoran menempel pada sensor.

Anda bisa membersihkan pada sensor fingerprint dengan menggunakan alkohol dan cottonbud. Dengan ini, kotoran yang biasanya menempel di sudut-sudut bisa dihilangkan.

{Baca juga: Cara Ubah SSID dan Password WiFi jadi QR Code}

Daftarkan beberapa jari

Daftarkan beberapa jari untuk membuka kunci menggunakan sensor sidik jari. Dengan mendaftarkan beberapa sidik jari, Anda tidak hanya mengandalkan satu jari saja untuk membuka kunci fingerprint.

Sehingga, apabila satu jari dalam keadaan kotor atau berminyak, Anda bisa menggunakan jari lainnya untuk membuka kunci smartphone.

Daftarkan jari yang sama 2 kali atau lebih

Tips Fingerprint cepat

Agar sensor dapat membaca sidik jari lebih akurat dan cepat, daftarkan sidik jari Anda yang sama beberapa kali. Sebagai contoh, Anda terbiasa membuka smartphone menggunakan telunjuk, maka daftarkan sidik jarinya hingga 2 kali atau lebih.

Dengan demikian, sensor sidik jari akan lebih mudah mengenalinya. Mendaftarkan jari yang sama hingga 2 kali atau lebih akan meningkatkan kemampuan dan akurasi sensor saat membaca permukaan sidik jari.

Nah, itu dia cara-cara ataupun tips agar fingerprint HP Android lebih cepat dan tidak lemot lagi. Selamat mencobanya ya! (IR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

‘Bete’ Tunggu Pesawat, Pria Ini Main PS4 Pakai Monitor Bandara

Telset.id, Jakarta  - Ada saja kelakuan gamer, terutama saat dirundung bosan seperti menunggu jadwal penerbangan pesawat di bandar udara...

Update iOS 13.3.1 Solusi Atasi Masalah Privasi di iPhone 11?

Telset.id, Jakarta  - Ada kabar baik bagi pengguna iPhone 11 yang sebelumnya sedang terkena masalah bug iOS 13.3. Menurut...

Ujian Nasional Dihapus, Bagaimana Nasib Bimbel Online?

Telset.id, Jakarta - Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem  Makarim untuk menghapus Ujian Nasional (UN) pada 2021 mendatang...

Nomor Ponsel Ilham Bintang Dibajak, Begini Tanggapan Indosat

Telset.id, Jakarta - Indosat Ooredoo memberikan penjelasan terkait kasus pembajakan nomor ponsel Ilham Bintang, yang berakibat dibobolnya rekening wartawan...

Ekstradisi Bos Huawei ke AS Bakal Jadi Preseden Berbahaya

Telset.id, Jakarta  - Masalah ekstradisi bos Huawei masih jadi polemik, mengekstradisi Chief Financial Officer Huawei, Meng Wanzhou, ke Amerika...
- Advertisement -