3 Trik WhatsApp Web yang Wajib Anda Tahu

Trik WhatsApp Web

Telset.id, Jakarta – WhatsApp Web menjadi salah satu fitur WhatsApp yang sangat bermanfaat bagi pengguna. Maklum, fitur itu memungkinkan pengguna untuk mengakses WhatsApp via desktop dengan membukanya menggunakan browser. Tapi lebih dari itu, ada beberapa trik whatsapp web yang menarik untuk dikulik lebih lanjut.

Para pengguna biasanya hanya menggunakan WhatsApp sebatas untuk mengirim chat, video atau foto sampai dokumen, hingga mengirimkan lokasi real-time. Tapi sebenarnya, ada hal lainnya yang bisa dilakukan oleh para pengguna via WhatsApp.

Nah, dalam tulisan kali ini tim Telset.id akan membagikan 3 trik WhatsApp Web yang seharusnya Anda tahu dan lakukan dengan mudah.

Tapi sebelumnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu cara menggunakan WhatsApp di desktop. Kami telah memberikan cara tersebut, Anda hanya harus melihatnya di tautan di bawah ini.

{Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp Web di Desktop}

Shortcuts WhatsApp Web

Di WhatsApp versi Web, ada beberapa shortcuts atau pintasan keyboard yang bisa digunakan. Namun, shortcuts ini hanya bisa dimanfaatkan untuk WhatsApp versi aplikasi untuk PC atau laptop, bukan versi browser. Berikut daftar shortcuts yang bisa digunakan:

  • Ctrl + N untuk memulai chat baru
  • Ctrl + Shift + ] untuk melihat chat selanjutnya
  • Ctrl + Shift + [ untuk melihat chat sebelumnya
  • Ctrl + E untuk archive chat
  • Ctrl + Shift + M untuk mute chat
  • Ctrl + Backspace untuk menghapus chat
  • Ctrl + Shift + U untuk menandai chat sebagai Unread
  • Ctrl + Shift + N untuk membuat grup baru
  • Ctrl + P untuk melihat status profil

Mencari Emoji dengan Keyboard

Selama ini, untuk mencari dan memilih emoji di WhatsApp kita selalu menekan tombol Emoji dan memilih emoji sesuai keinginan. Namun, itu merupakan “cara lawas” yang cukup menghabiskan waktu.

Nah, ada cara yang lebih cepat untuk mencari dan mengirimkan emoji. Caranya, tekan tombol (key). Key di sini adalah dua huruf pertama dari emoji yang ingin Anda ungkapkan.

Misalnya, dengan menekan tombol :+sm, maka akan menampilkan emoji smile dan emoji lainnya yang berkaitan dengan itu. Ketika sudah menemukan emoji yang diinginkan, maka tekan saja tombol Enter, maka emoji siap untuk langsung dikirimkan.

Menggunakan Beberapa Akun WhatsApp di Desktop

Sebelumnya, kami sempat memberikan tips untuk menjalankan dua akun WhatsApp di satu smartphone dengan WhatsApp Web. Nah sekarang, ada trik lainnya yang memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa akun WhatsApp di desktop.

{Baca juga: Trik Akses WhatsApp Web di Smartphone Android}

Caranya, adalah dengan memanfaatkan Mode Incognito atau menggunakan lebih dari satu browser. Jadi, ketika Anda login di browser Google Chrome, maka Anda bisa login ke akun lainnya apabila mengakses WhatsApp di browser Firefox, Microsoft Edge, Opera, dan lainnya.

Tapi apabila Anda tidak memiliki lebih dari satu browser, dan juga tidak mengerti cara mengaktifkan Mode Incognito, Anda bisa menggunakan metode lainnya. Caranya adalah dengan mengakses proxy dari WhatsApp Web, yakni dyn.web.whatsapp.com.

Cara Mudah Rekam Video Call WhatsApp di Android

Video call via WhatsApp menjadi salah satu cara kita dalam berkomunikasi selama work from home atau WFH dengan rekan sekantor. Nah, biar materi percakapan selama video call WhatsApp tetap bisa Anda pahami dan saksikan kapan saja, Anda bisa lho rekam video call WhatsApp.

Akan tetapi, untuk bisa melakukan hal tersebut Anda perlu bantuan aplikasi perekam layar pihak ketiga yang tersedia secara gratis di Android.

Tim Telset.id sendiri sudah membuat rekomendasi aplikasi perekam layar terbaik untuk Android lewat artikel “10 Aplikasi Perekam Layar HP Android Terbaik 2020”.

{Baca juga: 10 Aplikasi Perekam Layar HP Android Terbaik 2020}

Anda bisa memanfaatkan salah satu aplikasi tersebut untuk rekam video call di WhatsApp, sob. Masih bingung bagaimana caranya? Oke, kami akan membagikan cara rekam video call WhatsApp di Android untuk Anda para pembaca. Yuk simak!

  • Download aplikasi perekam layar terlebih dahulu. Dalam tutorial ini, kami menggunakan aplikasi Screen Recorder – No Ads buatan Kimcy929.
  • Anda bisa mendapatkannya di sini. Sesuai namanya, aplikasi ini benar-benar tersedia secara gratis, dan tidak menampilkan iklan ataupun watermark pada video yang dihasilkan.
  • Jika sudah, jangan lupa izinkan permintaan tampilan overlay dari aplikasi. Tujuannya, agar perekaman video call bisa dilakukan dengan mudah.
  • Sekarang, hubungi rekan Anda melalui video call WhatsApp. Jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu kepada rekan Anda untuk merekam video call.

  • Jika sudah, tekan tombol Record di menu paling kiri.
  • Hasil perekaman video call WhatsApp bisa langsung Anda lihat di galeri smartphone ketika selesai merekam.

Itu tadi cara mudah untuk rekam video call WhatsApp di Android. Anda sebenarnya harus pilih-pilih aplikasi perekaman video yang pas untuk melakukan cara ini.

Sebab, WhatsApp punya sistem keamanan yang terkadang tidak mengizinkan aplikasi perekaman layar untuk merekam aktivitas video call. Aplikasi Screen Recorder – No Ads bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk melakukan ini.

Nah, selain cara tadi, tim Telset.id pun punya tips dan trik lainnya berkaitan soal WhatsApp. Ingin tahu apa saja? Berikut daftar artikel tips WhatsApp:

 

1 COMMENT

  1. Thanks for the marvelous posting! I certainly enjoyed reading it, you
    may be a great author.I will make certain to bookmark your blog and will come back someday.

    I want to encourage yourself to continue your great work, have a nice day!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here