7 Tips dan Trik WhatsApp Web yang Wajib Anda Tahu

Telset.id, Jakarta – WhatsApp Web menjadi salah satu fitur WhatsApp yang sangat bermanfaat bagi pengguna. Maklum, fitur itu memungkinkan pengguna untuk mengakses WhatsApp via desktop dengan membukanya menggunakan browser. Tapi lebih dari itu, ada kumpulan tips dan trik whatsapp web yang menarik untuk dikulik lebih lanjut.

Para pengguna biasanya hanya menggunakan WhatsApp sebatas untuk mengirim chat, video atau foto sampai dokumen, hingga mengirimkan lokasi real-time. Tapi sebenarnya, ada hal lainnya yang bisa dilakukan oleh para pengguna via WhatsApp.

Nah, dalam tulisan kali ini tim Telset akan membagikan kumpulan tips dan trik WhatsApp Web yang seharusnya Anda tahu dan lakukan dengan mudah.

Tapi sebelumnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu cara menggunakan WhatsApp di desktop. Kami telah memberikan cara tersebut, Anda hanya harus melihatnya di tautan di bawah ini.

{Baca juga: Whatsapp Web: Cara Menggunakan di Browser, Hingga Video Call Rame-rame}

Shortcuts WhatsApp Web

tips dan trik whatsapp web

Di WhatsApp versi Web, ada beberapa shortcuts atau pintasan keyboard yang bisa digunakan. Namun, shortcuts ini hanya bisa dimanfaatkan untuk WhatsApp versi aplikasi untuk PC atau laptop, bukan versi browser. Berikut daftar shortcuts yang bisa digunakan:

  • Ctrl + N untuk memulai chat baru
  • Ctrl + Shift + ] untuk melihat chat selanjutnya
  • Ctrl + Shift + [ untuk melihat chat sebelumnya
  • Ctrl + E untuk archive chat
  • Ctrl + Shift + M untuk mute chat
  • Ctrl + Backspace untuk menghapus chat
  • Ctrl + Shift + U untuk menandai chat sebagai Unread
  • Ctrl + Shift + N untuk membuat grup baru
  • Ctrl + P untuk melihat status profil

Mencari Emoji dengan Keyboard

tips dan trik whatsapp web

Selama ini, untuk mencari dan memilih fitur emoji di WhatsApp Web kita selalu menekan tombol Emoji dan memilih emoji sesuai keinginan. Namun, itu merupakan “cara lawas” yang cukup menghabiskan waktu.

Nah, ada tips dan trik yang lebih cepat untuk mencari dan mengirimkan emoji di WhatsApp Web. Caranya, tekan tombol (: + key). Key di sini adalah dua huruf pertama dari emoji yang ingin Anda ungkapkan.

tips dan trik whatsapp web

Misalnya, dengan menekan tombol :+sm, maka akan menampilkan emoji smile dan emoji lainnya yang berkaitan dengan itu. Ketika sudah menemukan emoji yang diinginkan, maka tekan saja tombol Enter, maka emoji siap untuk langsung dikirimkan.

Menggunakan Beberapa Akun WhatsApp di Desktop

tips dan trik whatsapp web

Sebelumnya, kami sempat memberikan tips untuk menjalankan dua akun WhatsApp di satu smartphone dengan WhatsApp Web. Nah sekarang, ada trik lainnya yang memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa akun WhatsApp di desktop.

{Baca juga: Trik Akses WhatsApp Web di Smartphone Android}

Caranya, adalah dengan memanfaatkan Mode Incognito atau menggunakan lebih dari satu browser. Jadi, ketika Anda login di browser Google Chrome, maka Anda bisa login ke akun lainnya apabila mengakses WhatsApp di browser Firefox, Microsoft Edge, Opera, dan lainnya.

Tapi apabila Anda tidak memiliki lebih dari satu browser, dan juga tidak mengerti cara mengaktifkan Mode Incognito, Anda bisa menggunakan metode lainnya. Caranya adalah dengan mengakses proxy dari WhatsApp Web, yakni dyn.web.whatsapp.com.

Tampilkan Notifikasi WhatsApp Web

Kumpulan Fitur Tips dan Trik WhatsApp Web

Sama halnya seperti aplikasi WhatsApp di smartphone, aplikasi ataupun situs WhatsApp Web juga punya fitur yang memungkinkan Anda membaca pesan lewat notifikasi.

Caranya, masuk ke pengaturan yang ada di WhatsApp Web dan pilih tiga titik bertumpuk di samping foto profil. Kemudian, klik Settings dan masuk ke menu Notifications.

Centang tiga opsi yang ada, yakni SoundsDesktop Alerts, dan Show Previews, untuk menampilkan notifikasi di jendela Windows.

Menampilkan Dark Mode di WhatsApp Web

Kumpulan Fitur Tips dan Trik WhatsApp Web

Apakah Anda tahu, kalau WhatsApp Web juga punya fitur Dark Mode? Caranya, tekan tombol tiga titik bertumpuk di samping foto profil.

Kemudian, pilih Theme atau Tema. Ada tiga opsi di sana, pilih saja Dark. Otomatis, tampilan WhatsApp Web Anda pun berubah menjadi Dark Mode. Mudah, kan?

{Baca Juga: 20 WhatsApp MOD APK, Download Versi Terbaru 2021}

Membuat Grup untuk Transfer File dari PC ke Smartphone

Kumpulan Fitur Tips dan Trik WhatsApp Web

Anda suka ribet memindahkan file dari komputer ke smartphone atau sebaliknya? Kami sarankan Anda untuk memanfaatkan fitur Group dari WhatsApp Web.

Ya, tips dan trik WhatsApp Web yang satu ini memudahkan Anda untuk memindahkan file dari komputer ke ponsel atau sebaliknya dengan sangat mudah.

Caranya, buat grup dan pilih satu anggota saja. Pilih saja salah satu teman Anda, dan langsung keluarkan dia ketika grup sudah dibuat.

Di Grup tersebut, Anda bisa melampirkan data yang ingin dipindahkan. Data yang ada di grup juga bisa Anda akses di smartphone atau komputer melalui WhatsApp Web. Gampang, kan?

Mengirim Foto Tanpa Dikompres

Kumpulan Fitur Tips dan Trik WhatsApp Web

Kumpulan tips dan trik WhatsApp Web terakhir adalah mengirimkan foto tanpa dikompres. Sekadar informasi, setiap kita mengirimkan foto ataupun video di WhatsApp, pasti akan dikompres untuk mengurangi penggunaan data yang besar.

Ada baiknya, Anda mengirimkan foto melalui WhatsApp Web. Caranya, pilih tanda Attach di samping emoji. Kemudian pilih Documents, dan lampirkan foto yang ingin Anda kirim.

Demikian kumpulan tips dan trik WhatsApp Web yang wajib Anda ketahui. Semoga membantu, ya!

Related Articles

1 COMMENT

  1. Thanks for the marvelous posting! I certainly enjoyed reading it, you
    may be a great author.I will make certain to bookmark your blog and will come back someday.

    I want to encourage yourself to continue your great work, have a nice day!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0