Eropa Lengserkan Google dari “Penguasa” Search Engine Android

Telset.id, Jakarta Google tidak lagi jadi search engine utama di Android. Nantinya, Google Search bisa jadi akan tergusur oleh mesin pencari lain seperti DuckDuckGo, Yahoo, hingga Bing sebagai search engine utama di Android. Kok bisa terjadi?

Rupanya, hal ini dilakukan Google pasca terkena denda yang diberika Komisi Uni Eropa pada 2018 lalu sebesar USD 5 miliar atau setara dengan Rp 68,3 triliun.

Dikutip Telset.id dari Gizchina, pada Senin (13/01/2020), kebijakan tersebut akan mulai berlaku di Uni Eropa pada 1 Maret mendatang.

Ketika kebijakan itu berlaku, nantinya pengguna smartphone Android dapat memilih mesin pencari alternatif tergantung negara tempat tinggal pengguna, yakni DuckDuckGo, Yahoo, dan Bing.

{Baca juga: Inggris Investigasi Google dan Facebook Terkait Monopoli Iklan}

Ketiganya akan menjadi salah satu dari tiga mesin pencari alternatif yang ditawarkan oleh Google untuk Android di semua negara Eropa.

Sebelumnya, Komisi Uni Eropa menyatakan bahwa Google melakukan praktik monopoli di fitur mesin pencarian di android. Google juga dianggap telah menghilangkan hak konsumen untuk memilih pesin pencarian di android.

Selain itu, raksasa pencarian itu juga memberikan insentif kepada produsen smartphone dan operator seluler agar mereka membuat konsumen melakukan pra-instalasi Google Search sebagai default.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Google Terbaru}

Kebijakan ini akan memberikan kesempatan kepada pengguna untuk memilih mesin pencarian selain Google Search. Misalnya saja dengan menggunakan DuckDuckGo, Yahoo ataupun Bing di Android. Perlu diketahui jika ketiganya juga memiliki kelebihannya masing-masing.

DuckDuckGo misalnya, yang dinilai lebih menjaga privasi pengguna. Alasannya mesin pencari tersebut tidak melacak, tidak meminta informasi pribadi dan tidak menggunakannya untuk memberikan iklan yang ditargetkan via website. (NM/MF)

SourceGizchina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Pria Misterius Beli Roket Seharga Rp 91,2 Miliar

Telset.id, Jakarta  - Seorang pria misterius beli roket seharga USD 5,6 juta atau Rp 91,2 miliar dalam sebuah pelelangan....

Trafik Internet Diprediksi Naik 40% Saat Ramadan dan Lebaran

Telset.id, Jakarta - Trafik internet saat bulan Ramadan dan lebaran di tahun 2020 ini diprediksi akan naik sebesar 40%....

Ini Produk Paling Laku di Tokopedia Selama Corona, Bisa Tebak?

Telset.id, Jakarta - Tokopedia baru-baru ini mengumumkan kategori produk paling laku di platform mereka. Produk ini dibeli masyarakat selama pandemi...

WhatsApp Batasi Forward Pesan untuk Tekan Hoaks Corona

Telset.id, Jakarta  - WhatsApp memberlakukan batasan baru untuk forward pesan (forward message) alias pesan yang diteruskan. Tujuannya, untuk menekan...

Tokopedia Tindak Tegas Penjual Masker dengan Harga Tak Wajar

Telset.id, Jakarta - Tokopedia tidak segan menindak tegas para penjual produk kesehatan, seperti masker, hand sanitizer, dan lainnya yang dijual...
- Advertisement -