Magang Tiga Hari di NASA, Remaja Ini Temukan Planet Baru

Telset.id, Jakarta – Seorang remaja laki-laki dari pinggiran kota New York, Amerika Serikat, hanya membutuhkan tiga hari magang di NASA untuk menemukan planet baru di sistem tata surya.

Wolf Cukier (17) dari Scarsdale High School, magang di Goddard Space Flight Center NASA di Maryland. Ia menemukan planet baru di sistem tata surya dengan menggunakan Satelit Transiting Exoplanet Survey (TESS).

{Baca juga: Asteroid Seukuran Paus Biru Lintasi Bumi, Bahayakah?}

“Ada banyak hal yang juga tampak seperti planet ketika saya sedang mengamati luar angkasa menggunakan TESS,” kata Cukier kepada New York Post, seperti dikutip Telset.id, Kamis (09/01/2020).

Ia mengaku butuh beberapa waktu untuk benar-benar memverifikasi bahwa temuan tersebut adalah planet bonafide. Ia memastikan bahwa benda itu bukan teleskop yang bergetar atau semacamnya.

“Ketika saya menemukan, planet tersebut ada di antara 100 benda lain. Saya lalu menaruh 10 tanda bintang di sebelahnya. Saya melihatnya cukup bagus dibandingkan semua yang terlihat,” katanya.

Temuan Cukier adalah planet sirkumbiner pertama TESS, objek angkasa yang mengorbit dua bintang. Penemuan itu diumumkan pada pertemuan American Astronomical Society ke-235 di Honolulu.

{Baca juga: Dua Lubang Hitam Supermasif “Nangkring” di Bima Sakti?}

NASA menyampaikan bahwa Cukier menemukan planet baru dalam sistem bintang biner yang disebut TOI 1338, yang terletak di dalam rasi bintang sekitar 1.300 tahun cahaya dari Bumi.

Cukier mengatakan, planet baru yang ditemukannya membuat banyak orang memuji. Ia dan keluarganya seolah menjadi pahlawan. Sialnya, selama magang, ia tak membuat kejutan lain. (SN/MF)