5 Aplikasi Ini Kurang Berguna dan Bikin Lemot Smartphone

Telset.id – Beragam aplikasi smartphone tersedia di Play Store untuk perangkat smartphone Android. Namun tidak semua aplikasi tersebut memberikan manfaat atau kurang berguna, karena malah membuat smartphone menjadi lemot.

Sayangnya, sebagian orang kurang memiliki informasi bahkan rela membayar untuk aplikasi-aplikasi yang fungsinya minim. Tidak jarang aplikasi-aplikasi tersebut terinstal di smartphone, dan hanya membuat kapasitas memori kita jadi penuh.

{Baca juga: 7 Teknologi Anti Banjir yang Ada di Berbagai Negara}

Nah, aplikasi apa sajakah yang sebenarnya tidak perlu Anda install di perangkat smartphone? Berikut ini daftarnya untuk segera dihapus

Aplikasi Antivirus

Antivirus bukanlah aplikasi yang penting untuk diinstall di smartphone. Jika Anda pengguna Android atau iOS, pada dasarnya sistem keamanan sudah tersedia di OS tersebut tanpa perlu mengunduh dan instal terlebih dahulu.

Bahkan dalam durasi tertentu, smartphone akan menerima update patch keamanan bersama dengan update OTA. Sehingga, sistem keamanan pada smartphone tersebut tetap up-to-date dan aman dari serangan virus.

Namun demikian, kita juga tetap harus waspada dengan perilaku kita saat menggunakan smartphone. Jangan sampai saat menjelajah internet, kemudian kita membuka link-link dari sumber yang tidak valid dan tidak terpercaya. Karena biasanya akan disisipi dengan malware dan virus.

Aplikasi Cleaner/Boost RAM

Aplikasi semacam cleaner atau boost RAM juga bukan aplikasi yang penting untuk di-instal. Biasanya pengguna menginstall aplikasi semacam ini untuk meningkatkan performa smartphone. Padahal hal tersebut tidak perlu dilakukan apalagi untuk smartphone-smartphone terbaru yang sudah punya fitur pembersih bawaan.

Aplikasi semacam ini hanya menghentikan aplikasi yang berjalan di background yang biasanya memakan kapasitas RAM. Dan biasanya, aplikasi ini justru mematikan seluruh aplikasi lain yang berjalan, yang justru akan mengganggu aktivitas smartphone pengguna.

{Baca juga: Rekomendasi 7 Situs Streaming Anime Terlengkap 2020}

Misalnya seperti aplikasi chating, yang nantinya akan berefek dimana notifikasi pesan jadi tidak muncul. Sementara pembersihan menggunakan fitur seperti cleaner file hanya menghapus file-file cache yang ukurannya tidak begitu besar.

Biasanya aplikasi ini juga akan menyarankan untuk menghapus file atau aplikasi yang berukuran besar, padahal file atau aplikasi tersebut penting bagi pengguna. Bila tak cermat, aplikasi atau file kita bisa hilang.

Battery Saver

Berharap smartphone Anda jadi lebih hemat baterai dengan menginstall aplikasi battery saver? Sebaiknya Anda tidak perlu install aplikasi ini karena aplikasi ini kurang berguna. Fitur seperti ini juga sebenarnya sudah ada di smartphone-smartphone terbaru.

Aplikasi semacam ini biasanya akan menghemat baterai dengan cara, mengatur tingkat kecerahan layar, menghapus aplikasi yang berjalan di background, mematikan data selular, mengubah profil suara menjadi getar atau senyap dan sebagainya.

Padahal hal pengaturan seperti itu pun sudah bisa Anda lakukan sendiri di smartphone. Bahkan sekarang sudah ada mode Power Saving di smartphone tertentu, yang akan aktif saat Anda mulai kehabisan baterai.

Aplikasi Kurator Berita

Aplikasi kurator berita juga sebaiknya segera Anda uninstall dari smartphone Anda. Karena aplikasi ini hanya akan memenuhi notifikasi smartphone dengan berita-berita yang belum tentu dibaca.

Kalau Anda ingin mencari berita penting, Anda bisa langsung ketik di Google dengan kata kunci berita yang ingin dicari. Kalau ingin saran berita, bisa ada di beberapa aplikasi browser seperti Google Chrome, Opera dan lain-lain.

Karena kini semua aplikasi browser pun juga sudah menampilkan saran berita di halaman awal. Berita yang ditampilkan pun disesuaikan dengan kebiasaan kata kunci yang Anda cari di browser.

Aplikasi File Manager

Butuh aplikasi file manager untuk mengelola file di smartphone? Anda tak perlu unduh dan install aplikasi yang kurang berguna semacam ini. Karena fitur file manager pada dasarnya sudah ada pada semua smartphone sejak awal pabrikan.

Kecuali aplikasi tersebut menawarkan hal lebih dari sekedar mengelola file, seperti file transfer misalnya. Dengan fitur semacam ini, Anda bisa mentransfer data dengan cepat menggunakan koneksi P2P dan Bluetooth tanpa harus menggunakan internet.

Itulah lima aplikasi yang harus Anda pikir ulang saat mau menginstall-nya di smartphone. Jangan sampai aplikasi-aplikasi semacam ini malah bikin ponsel lemot dan menguras memori, padahal fungsi-fungsinya tidak penting atau kurang berfaedah. [IR/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Realme Masuk Top 5 Pasar Ponsel Asia Tenggara

Telset.id, Jakarta – Menurut laporan terbaru dari Counterpoint Research Market Monitor Q1 2020, realme berhasil meraih peringkat Top 5...

iOS 14 Bawa Fitur Terjemahan untuk Browser Safari

Telset.id, Jakarta  - Apple kabarnya menghadirkan fitur terjemahan bawaan (default) untuk Safari dalam pembaruan iOS 14. Selama ini, Apple...

Resmi, Ini Harga Samsung Galaxy A11 dan A21s di Indonesia

Telset.id, Jakarta - Samsung resmi meluncurkan dua smartphone entry level terbaru mereka di tanah air yaitu Galaxy A11 dan...

7 Game Nintendo Switch Gratis Terbaik 2020

Telset.id - Nintendo Switch menyediakan beragam game menarik bagi penggunanya. Meski sebagian besar game mesti Anda beli, tapi ada...

Atasi Jailbreak, Apple Rilis iOS 13.5.1 dan iPadOS 13.5.1

Telset.id - Apple akhirnya merilis update OS terbarunya yaitu iOS 13.5.1, iPadOS 13.5.1, dan watchOS 6.2.6, dimana update ini...
- Advertisement -