Indosat Catat Peningkatan Trafik Data 12,8% Selama Nataru 2020

Telset.id, Jakarta – Trafik data Indosat Ooredoo mengalami peningkatan secara signifikan selama hari libur natal dan tahun baru (nataru) 2020. Secara persentase, trafik data Indosat naik sebesar 12,8% dibandingkan hari biasa atau melonjak 60,92% daripada libur nataru tahun lalu.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Telset.id pada Selasa (07/01/2020), Indosat menjelaskan bahwa pada perayaan natal, peningkatan trafik data tertinggi terjadi pada tanggal 25 Desember sebesar 16,50% dibandingkan hari biasa.

Sedangkan untuk layanan telepon dan SMS, terjadi pada H-2 dengan lonjakan sebesar 5% dan 29% dibandingkan hari lainnya.

Untuk persentase lainnya, trafik data Indosat Ooredoo didominasi oleh streaming video sebesar 32,28%, chatting 67,41%, dan media sosial sebesar 53,35%.

Lonjakan trafik data pun terjadi pada malam tahun baru. Menurut perusahaan pimpinan Ahmad Al-Neama tersebut, peningkatan pada momen pergantian tahun baru tercatat naik menjadi 19,91%, dan trafik SMS melonjak hingga 17,54%. Akan tetapi, untuk voice, terjadi penurunan 5,73% dibanding hari normal.

{Baca juga: Jaringan Indosat Ooredoo Siap Sambut Natal dan Tahun Baru}

Selama libur nataru 2020, aplikasi yang paling digunakan oleh pelanggan Indosat Ooredoo adalah Facebook, Instagram, Line, WhatsApp, dan Youtube. Lalu, kenaikan trafik layanan telekomunikasi tercatat terjadi di beberapa kota seperti Bogor, Tangerang, Karawang, Bekasi, dan Magelang.

Indosat Ooredoo memang telah mengantisipasi resiko lonjakan trafik pada libur nataru 2020. Menurut SVP-Head of Network Operations Indosat, Agus Sulistio, mereka telah meningkatkan kapasitas data sebesar 26,3 terabyte atau 36% lebih tinggi dari trafik harian biasa.

{Baca juga: Indosat Umumkan Pemenang IDCamp HackData 2019}

Kegiatan monitoring jaringan juga dilakukan secara intensif melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) fasilitas monitoring & pengendalian jaringan secara terpadu baik untuk semua layanan Indosat Ooredoo.

i-NOC berperan untuk meningkatkan fungsi monitoring kontinuitas antar jaringan yang kompleks, peningkatan percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi bagi seluruh perangkat jaringan Indosat Ooredoo secara nasional.

“Kami bersyukur dapat memberikan pengalaman digital terbaik kepada para pelanggan selama masa libur perayaan Natal dan tahun baru. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh tim di lapangan untuk memastikan layanan telekomunikasi berjalan lancar,” tulis Agus. (NM/FHP)

Video terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Lokasi Sengketa Krimea, Kashmir dll Tampil di Google Maps

Telset.id, Jakarta - Akhir tahun lalu, Apple dan Google berada di pusaran kontroversi ketika menyerah kepada tuntutan Rusia untuk...

Perhatian! Air Purifier Tidak Bisa Cegah Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Wabah virus Corona menyebabkan maraknya penggunaan air purifier. Harapannya, air purifier dapat membuat kualitas udara di dalam...

Sah! Bayar SPP Pakai GoPay Bukan Cuma Candaan Warganet

Telset.id, Jakarta - Ketika mantan bos Gojek, Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Indonesia, warganet mengunggah candaan...

Angkatan Darat AS Manfaatkan Gamers untuk Bikin Robot Militer

Telset.id, Jakarta - Untuk mengembangkan robot militer, Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) pun mempelajari otak para gamers ketika bermain game. Mereka mempelajari...

Dua Profesor Ini Ciptakan Gelang Ultrasonik “Pengacau” Amazon Echo

Telset.id, Jakarta - Speaker pintar macam Amazon Echo memiliki mikrofon yang selalu menyala agar bisa merespon dengan cepat saat diberi...
- Advertisement -
X
X