Dampak Jakarta Banjir, Kominfo Pantau Jaringan Telekomunikasi

Telset.id, Jakarta – Dampak Jakarta banjir berimbas pada terganggunya layanan telekomunikasi. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan pemantauan terhadap jaringan telekomunikasi milik operator seluler. Hasilnya?

Menurut Menkominfo Johnny G. Plate dampak Jakarta banjir yang terjadi hari Rabu, tanggal 1 Januari 2020 menyebabkan beberapa BTS milik operator seluler mengalami gangguan.

Masalah diakibatkan pemutusan aliran listrik oleh PLN berdasarkan faktor keamanan dan keselamatan. Namun kejadian rabu kemarin tidak berdampak terhadap layanan seluler.

“Sampai hari Rabu malam secara keseluruhan masyarakat/pelanggan masih bisa menggunakan layanan seluler untuk berkomunikasi meskipun beberapa BTS mati karena BTS tersebut memiliki backup power dan operator mengerahkan mobile backup power atau genset portable,” ujar Johnny lewat keterangan tertulis pada Kamis (02/01/2020).

{Baca juga: Diguyur Hujan “Setahun”, Jakarta dan Sekitarnya Banjir}

Tetapi pada Kamis pagi tanggal 2 Januari 2020, layanan telekomunikasi kembali terganggu karena back up power tersebut hanya bertahan beberapa jam dan operator sulit mengakses BTS yang terdampak akibat banjir.

“Operator seluler mengalami kendala untuk mengakses lokasi-lokasi yang BTS-nya down karena banjir masih tergenang,” tambah Johnny.

Johnny pun meminta operator segera bertindak untuk membenahi BTS mereka. Dirinya akan memantau terus jaringan telekomunikasi di Jabodetabek agar operator melakukan perbaikan agar layanan seluler stabil dan berfungsi dengan baik.

“Kami  akan terus melakukan monitoring terhadap jaringan telekomunikasi dan meminta operator seluler untuk mengerahkan segala upaya untuk melakukan pemulihan terhadap BTS yang masih down dengan menggunakan genset sehingga dapat berfungsi kembali secara normal,” tutup Johnny.

{Baca juga: Jakarta Banjir, BTS Indosat, XL dan Smartfren Terganggu}

Sebelumnya dampak dari Jakarta kebanjiran berimbas pada layanan sejumlah operator seluler. Dilaporkan BTS Indosat, BTS XL, dan BTS Smartfren tak beroperasi maksimal karena pasokan listrik yang berhenti ketika banjir terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Tips Hindari Serangan Cyber “APT” yang Mengancam Indonesia

Telset.id, Jakarta - Kaspersky mengungkapkan bahwa serangan Advanced Persistent Threats atau APT menjadi ancaman cyber yang serius dan lebih berbahaya bila dibandingkan dengan malware yang ada sekarang....

Sah! Aturan Blokir Ponsel BM Berlaku 18 April Mendatang

Telset.id, Jakarta - Menkominfo Johnny G. Plate memastikan aturan blokir ponsel BM atau black market melalui IMEI akan berlaku pada...

Waspada! Serangan Cyber Berbahaya Intai Pengguna di Indonesia

Telset.id, Jakarta - Kasperksy mengungkapkan adanya peningkatan serangan cyber berbahaya di Asia Tenggara yang terjadi sepanjang tahun 2019. Kaspersky mengatakan, serangan...

Tips Foto Bokeh dengan Smartphone, Biar Lebih Maksimal

Telset.id, Jakarta - Bokeh menjadi salah satu pengalaman fotografi yang umum digunakan pada smartphone saat ini. Tidak seperti dahulu...

Aplikasi Find My iPhone Ungkap Perampokan Berkedok Prostitusi

Telset.id, Jakarta - Fitur Find My iPhone dihadirkan Apple untuk membantu pengguna melacak  perangkat yang hilang atau salah taruh....
- Advertisement -