Makin ‘Ngebut’, Ini Spesifikasi Lengkap Snapdragon 865

Telset.id, Jakarta – Di hari pertama saat ajang Snapdragon Tech Summit 2019 berlangsung, Qualcomm masih belum menyebutkan secara detail mengenai chipset terbaru Snapdragon 865. Adapun spesifikasi lengkap Snapdragon 865 serta fitur-fitur terbarunya baru diumumkan di hari kedua.

Rupanya chipset terbaru besutan Qualcomm ini membawa berbagai peningkatan di semua aspek dengan cukup siginifikan. Seperti yang dilansir Telset.id dari Ubergizmo, pada aspek CPU, Snapdragon 865 yang kini telah difabrikasi dengan proses 7nm EUV dengan delapan inti prosesor.

{Baca juga: Snapdragon 865 “Keteteran” Lawan Apple A13 Bionic}

Kustom Core yang digunakan pada prosesor ini antara lain 1x Kryo 585 (custom) @ 2.84GHz ditambah 3x Kryo 585 @ 2.42GHz dan 4x @ 1.8GHz. Peningkatan yang dibawa oleh chipset terbaru Qualcomm ini yaitu sebesar 25% jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu Snapdragon 855.

Sedangkan dari sisi grafis, chipset ini menggunakan Adreno 606 yang membawa peningkatan perfoma olah gambar juga sebesar 25%.

Secara keseluruhan Snapdragon 865 meningkatkan kinerjanya untuk mendukung smartphone yang akan datang, terutama untuk kebutuhan gaming. Qualcomm juga menyediakan update driver yang dapat diunduh secara langsung melalui Google Playstore.

Display 144Hz, Gaming Makin Immersive

Dukungan display juga ditingkatkan pada Snapdragon 865, yang kali ini sudah mampu diintegerasikan dengan layar hingga 144Hz. Apalagi saat ini sudah banyak smartphone gaming yang menawarkan refresh rate lebih dari 60Hz.

Tentunya peningkatan ini akan sangat menguntungkan baik bagi pengguna maupun developer game. Chipset ini juga mendukung fitur multi display dengan maksimal resolusi yang dapat ditampilkan adalah 4K@60Hz.

Bukan cuma itu saja, untuk memori pun Snapdragon 865 sudah mendukung LPDDR 5. Saat ini kebanyakan jenis memori RAM yang digunakan pada smartphone untuk kelas tertinggi masih sampai LPDDR 4.

LPDDR 5 sendiri digadang-gadang akan menjadi standar smartphone flagship berikutnya yang tentunya memiliki kecepatan proses yang lebih tinggi.

Snapdragon X55 5G akan menjadi keunggulan berikutnya yang ditawarkan Snapdragon 865. Modem anyar yang disematkan ini memiliki kecepatan download yang sangat tinggi yaitu hingga 7.5 Gbps.

Kebutuhan internet cepat seperti streaming resolusi tinggi atau bermain game yang membutuhkan latency rendah, pastinya akan semakin tanpa hambatan jika menggunakan chipset ini.

{Baca juga: Oppo Pamer Smartphone 5G dengan Snapdragon 865}

Snapdragon 865 sendiri baru akan diusung pada smartphone secara komersial di awal tahun 2020. Smartphone yang digadang-gadang akan menjadi yang pertama mengadopsi chipset ini adalah Mi 10 dari Xiaomi. [IR/HBS]

Sumber: Ubergizmo

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Samsung Garap Fitur Quick Share, Contek AirDrop Apple?

Telset.id, Jakarta - Samsung dilaporkan sedang mengembangkan fitur bernama Quick Share. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk kirim file antar smartphone...

Ngakak! Sejumlah TikTokers Pria Celupkan Testis ke Kecap

Telset.id, Jakarta - Ada-ada saja kelakuan pengguna TikTok yang bikin ngakak. Sejumlah TikTokers pria melakukan eksperimen aneh dengan celupkan...

Ucapan “Gong Xi Fa Cai” jadi Trending Topic di Twitter

Telset.id, Jakarta - Ucapan Gong Xi Fa Cai, Happy Chinese New Year, hingga Selamat Tahun Baru Imlek menjadi trending di...

Huawei Developer Conference Ditunda Akibat Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Virus Corona tidak hanya berdampak pada banyak orang, tapi juga bagi perusahaan sekelas Huawei. Dilaporkan, ajang...

2020, Apple Garap Controller VR dan SoC iPhone Sekencang MacBook

Telset.id, Jakarta - Di tahun ini, Apple tidak hanya mempersiapkan lini seri iPhone 12 saja, tapi juga teknologi canggih...
- Advertisement -