Dirut Telkomsel Emma Sri Martini Ditunjuk jadi Dirkeu Pertamina

Telset.id, Jakarta – Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini resmi ditunjuk sebagai Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero). Penunjukan ini disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada Jumat (22/11/2019).

Emma menduduki jabatan Dirut Telkomsel baru sekitar 6 bulan lalu, atau tepatnya sejak 29 Mei 2019. Wanita jebolan Teknik Informatika ITB itu menggantikan Dirut Telkomsel sebelumnya Ririek Adriansyah, yang mendapat tugas baru sebagai Dirut Telkom.

Penunjukan Emma sebagai direktur keuangan Pertamina cukup mengejutkan, karena sebelumnya tidak ada kabar soal hal tersebut. Namun, seperti dikutip Telset.id dari CNBC Indonesia, kedatangan Dirut Telkomsel itu ke gedung Kementerian BUMN pada Jumat pagi mulai menimbulkan kecurigaan.

{Baca juga: Emma Sri Martini, “New Kid on the Block” yang Jadi Bos Telkomsel}

Pasalnya, Emma kali ini datang tidak bersama dengan tim dari Telkomsel seperti biasanya. Dia malah terlihat datang bersama beberapa orang asal Jepang. “Mau meeting,” katanya singkat, seperti dikutip dari CNBC Indonesia.

Dan benar saja, kecurigaan itu akhirnya terjawab. Menteri BUMN Erick Thohir mengumumkan telah menunjuk Emma menjadi direktur keuangan PT Pertamina yang baru, menggantikan Pahala Mansury yang ditunjuk menjadi Direktur Bank Tabungan Negara (BTN).

“Insya Allah saya rasa sudah putus dari beliau [Presiden Jokowi]. Pak Basuki [Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok] akan menjadi komut [komisaris utama] Pertamina didampingi oleh Pak Wamen Budi Gunadi Sadikin jadi wakil komisaris utama lalu nantii juga ada dirkeu yang baru ibu Emma dari yang sebelumnya dirut Telkomsel,” kata Erick di Istana Negara, Jumat (22/11/2019).

Seperti diketahui, susunan direksi Telkomsel saat ini diisi oleh Emma Sri Martini sebagai direktur utama, Direktur Keuangan Heri Supriadi, Direktur Network Iskriono Windiarjanto, Direktur Sales Ririn Widaryanti, Direktur Marketing Rachel Goh, Dirketur IT Bharat Alva, Direktur Planning & Transformation Edward Ying dan Direktur Human Capital Management Irfan A Tachrir.

Nama Emma sendiri sebenarnya masih asing di lingkup Telkom Group, khususnya Telkomsel. Wanita kelahiran Majalengka 22 Maret 1970 ini memang menjalani karirnya di luar operator seluler terbesar di Indonesia itu.

Emma adalah jebolan sarjana Teknik Informatika dari Institute Teknologi Bandung (ITB) tahun 1993. Setelah lulus ia memulai karirnya di PT Kustodian Sentral Efek Indonesia sejak tahun 1993 hingga 1998.

Di perusahaan tersebut, ia menjabat sebagai Assistant Manager End User Support Department dan Head of System Development Department. Pada Agustus 1998, Emma pindah kerja ke Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) hingga tahun 2004.

{Baca juga: Emma Sri Martini Resmi Jadi Dirut Telkomsel}

Emma sempat menempati posisi sebagai Head System Development Department dan Head System and Support di BPPN. Saat itu, ia mengemban tugas untuk mengoptimalkan dukungan teknologi informasi di BPPN.

Dia mengawal proses operasi bisnis, termasuk pengembangan aplikasi sistem, rekayasa ulang proses bisnis, dukungan infrastruktur dan juga membantu untuk mengembangkan prosedur operasi standar.

Lalu Emma juga sempat menjabat sebagai Director of Finance and Support PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) dari 2004 hingga 2009. Selanjutnya, ia ditunjuk sebagai Komisaris di PT Trans Pacific Petrochemical Indotama di periode yang sama.

Karirnya semakin melesat saat pindah ke PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), dengan menduduki jabatan sebagai Presiden Direktur sejak 23 Februari 2009.

Di perusahaan ini dia bertugas mengawasi keseluruhan operasi termasuk pengembangan strategi jangka panjang dan pengawasan soal kepatuhan yang ketat terhadap praktik tata kelola perusahaan. [HBS]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

2020, Apple Belum Bisa “Move On” dari Touch ID

Telset.id, Jakarta - Benarkah Apple yakin dengan keputusan untuk membuang Touch ID di iPhone dan iPad? Kabar yang beredar...

Cara Mudah Cek Spesifikasi Komputer Tanpa Bantuan Aplikasi

Telset.id - Apakah Anda baru saja membeli komputer baru, dan ingin mencoba cek spesifikasi komputer Anda? Jika Anda tertarik...

Innalillahi, CEO Samasource Meninggal Dunia di Usia 37 Tahun

Telset.id, Jakarta - Dunia teknologi sedang berduka. Pendiri sekaligus CEO Samasource, Leila Janah, meninggal dunia pada Jumat (24/01) waktu...

Salip Amerika, Pasar Smartphone India Terbesar Kedua

Telset.id, Jakarta - India sekarang merupakan pasar smartphone terbesar kedua di dunia. India menyalip dominasi Amerika Serikat yang sebelumnya...

Tagar #VirusCorona Jadi Trending Topik di Twitter Indonesia

Telset.id, Jakarta - Wabah virus Corona menjadi bahan perbincangan netizen Indonesia sejak sebulan terakhir. Bahkan, obrolan soal virus mematikan...
- Advertisement -