YouTube Mau “Tendang” Kreator Konten yang Tak Layak

Telset.id, Jakarta – Syarat dan ketentuan YouTube yang baru bikin konten kreator bingung. Pasalnya, di bagian Account Suspension & Termination, ada tambahan pernyataan kontroversial dari YouTube.

“YouTube dapat menghentikan akses akun Google Anda ke semua atau sebagian layanan jika ditemukan fakta bahwa penyediaan layanan kepada Anda tidak lagi layak secara komersial,” ujar YouTube.

Dalam pernyataan Syarat dan ketentuan YouTube, dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Selasa (12/11/2019), platform ini sepertinya hanya bisa menghapus akun atau channel jika kreator konten tidak secara komersial menguntungkan platform.

{Baca juga: Medsos Calon Sarjana “Panen” Hujatan Warganet}

Kata kunci “komersial” tidak selalu menunjukkan batasan bagi mereka yang mempromosikan konten kebencian atau kekerasan. Sulit pula untuk menebak faktor penentu channel komersial dan tidak.

Juru bicara YouTube menyatakan bahwa pembaruan untuk persyaratan layanan lebih mudah untuk dipahami daripada sebelumnya. Meski demikian, tetap saja para kreator konten YouTube merasa khawatir.

Beberapa waktu lalu, YouTube telah menghapus lebih dari 30.000 video tak layak yang berisi ujaran kebencian. Kebijakan tersebut bertujuan untuk mengurangi peredaran video-video berbahaya di platform.

{Baca juga: Tegas! YouTube Hapus 30 Ribu Video Ujaran Kebencian}

Video ujaran kebencian yang dihapus YouTube hanya mencakup tiga persen dari total video di platform dalam jangka waktu satu bulan. YouTube mengklaim telah mengurangi video negatif dalam 18 bulan.

Platform milik Google ini pun menegaskan akan terus berusaha agar video-video tersebut tidak banyak dilihat.

“Kami terus berupaya untuk mengurangi jumlah ini lebih jauh.Kami berusaha keras untuk memastikan konten yang melanggar aturan kami tidak banyak dilihat, atau bahkan dilihat sama sekali, sebelum dihapus,” jelas YouTube. (SN/FHP)

Sumber: Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Tips Hindari Serangan Cyber “APT” yang Mengancam Indonesia

Telset.id, Jakarta - Kaspersky mengungkapkan bahwa serangan Advanced Persistent Threats atau APT menjadi ancaman cyber yang serius dan lebih berbahaya bila dibandingkan dengan malware yang ada sekarang....

Sah! Aturan Blokir Ponsel BM Berlaku 18 April Mendatang

Telset.id, Jakarta - Menkominfo Johnny G. Plate memastikan aturan blokir ponsel BM atau black market melalui IMEI akan berlaku pada...

Waspada! Serangan Cyber Berbahaya Intai Pengguna di Indonesia

Telset.id, Jakarta - Kasperksy mengungkapkan adanya peningkatan serangan cyber berbahaya di Asia Tenggara yang terjadi sepanjang tahun 2019. Kaspersky mengatakan, serangan...

Tips Foto Bokeh dengan Smartphone, Biar Lebih Maksimal

Telset.id, Jakarta - Bokeh menjadi salah satu pengalaman fotografi yang umum digunakan pada smartphone saat ini. Tidak seperti dahulu...

Aplikasi Find My iPhone Ungkap Perampokan Berkedok Prostitusi

Telset.id, Jakarta - Fitur Find My iPhone dihadirkan Apple untuk membantu pengguna melacak  perangkat yang hilang atau salah taruh....
- Advertisement -