Akhirnya, Warga di Negara Ini Bisa Telepon via WhatsApp Lagi

Telset.id, Jakarta – Uni Emirat Arab (UEA) berencana akan mencabut larangan WhatsApp Call di negara mereka. Hal ini dilakukan menyusul kerjasama yang dilakukan antara UEA dan WhatsApp terkait keamanan nasional di sana.

Sekadar informasi, UEA jadi salah satu negara yang melarang penggunaan layanan WhatsApp Call dan WhatsApp Video.

Tujuannya adalah terkait faktor keamanan dan agar masyarakat menggunakan layanan telepon dari operator telekomunikasi domestik.

{Baca juga: WhatsApp Call Bisa Lewat Google Assistant}

Dilansir Telset.id dari CNBC pada Senin (11/11/2019), Direktur Eksekutif Otoritas Keamanan Elektronik Nasional (UEA), Mohamed Al Kuwaiti, mengatakan bahwa negaranya telah meningkatkan kolaborasi dengan WhatsApp dan Facebook. Hasilnya, mereka akan mencabut larangan penggunaan fitur WhatsApp Call.

“Kolaborasi dengan WhatsApp telah benar-benar meningkat, dan di banyak (proyek) kami melihat pemahaman yang sangat baik (dari mereka) dari konsep yang kami miliki,” ujar Al Kuwaiti.

“Mungkin ada pencabutan larangan untuk panggilan suara … dan ini akan segera terjadi, inilah yang kami ketahui dan pahami dari otoritas telekomunikasi di UEA,” jelasnya.

Selama ini pemerintah UEA memang memblokir layanan Voice over Internet Protocol (VoIP) atau layanan telepon via WhatsApp, FaceTime dan Skype. Akibatnya, warga UEA terpaksa menggunakan Virtual Private Network (VPN) untuk mengakses fitur tersebut.

{Baca juga: Hati-hati! Ada Spyware di Fitur WhatsApp Call}

Sebelum WhatsApp, sebenarnya Microsoft dan Apple telah membuka dialog dengan pemerintah UEA terkait pemblokiran tersebut, sejak tahun lalu. Sayang, hingga saat ini layanan panggilan video dan audio mereka masih saja diblokir.

Al Kuwaiti sendiri menyatakan, tidak menutup kemungkinan bagi pihaknya untuk membuka seluruh fitur aplikasi yang ada. Asalkan, pihak aplikasi dapat bekerja sama terkait aspek keamanan nasional dalam fitur tersebut. (NM/FHP)

Sumber: CNBC

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Vivo S6 5G Melenggang Resmi dengan Otak Exynos 980

Telset.id, Jakarta - Smartphone 5G terbaru Vivo, yakni Vivo S6 5G akhirnya meluncur. Masuk ke segmen menengah ke atas, Vivo...

Giliran Blibli Donasi APD untuk Petugas Medis Covid-19

Telset.id, Jakarta - Blibli turut memberikan donasi berupa alat pelindung diri atau APD untuk para petugas medis yang menangani...

Zoom Bantah Jual Data Pribadi Pengguna ke Facebook

Telset.id, Jakarta - Diterpa isu tak sedap soal privasi data, aplikasi video conference Zoom akhirnya buka suara. Zoom secara...

Rekomendasi 5 Senjata Terbaik dan Mematikan di COD Mobile

Telset.id - Call of Duty Mobile merupakan salah satu game FPS yang digemari para gamers Android dan iOS. Dalam COD...

Gerakan #BetterAtHome, Pesan HP Terbaru Oppo Bisa via WhatsApp

Telset.id, Jakarta - Oppo mengkampanyekan gerakan #BetterAtHome sebagai dukungan atas imbauan pemerintah untuk mencegah pandemi virus corona atau Covid-19...
- Advertisement -