Jago Koprol, Robot SpotMini akan Diajak Main Sirkus

Telset.id, Jakarta – Alih-alih akan digunakam di medan perang, robot berbentuk anjing bernama SpotMini dalam proyek penelitian yang didanai militer tampaknya akan digunakan di sirkus.

Perusahaan hiburan asal Kanada, Cirque du Soleil mengatakan sedang dalam proses pembicaraan dengan produsen robot Boston Dynamics. Mereka berencana menggunaan robot Spot berkaki empat untuk pertunjukan sirkus mereka.

{Baca juga: SpotMini, Robot Anjing yang Bisa Jadi “Mandor” Bangunan}

Robot yang memiliki ketangkasan berjalan, menaiki tangga dan membuka pintu ini sangat dikenal di YouTube. Meski memiliki kemampuan yang luar biasa ini, hingga saat ini belum diterapkan secara komersial sejak perusahaan didirikan pada 1992.

Sementara itu, perusahaan robotika Waltham, Massachusetts, mengungkapkan dalam sebuah video di YouTube pada minggu ini mengatakan, bahwa mereka sedang memproduksi Spot dalam jumlah massal.

Robot ini akan digunakan oleh para pelanggan untuk keperluan seperti memantau lokasi konstruksi atau memeriksa fasilitas energi.

Sedangkan, Cirque du Soleil, mengatakan masih dalam tahap “ideation” dan mengevaluasi potensi Spot dalam acara live entertainment.

Sebelumnya dikabarkan bahwa Boston Dynamics akhirnya siap untuk menerima pesanan robot anjing SpotMini. Menariknya, robot tersebut dibanderol lebih murah ketimbang sebuah mobil.

{Baca juga: Robot Anjing SpotMini Sudah Dijual, Berminat?}

Siapapun peminat robot anjing SpotMini bisa langsung menuju ke halaman produk resmi Boston Dynamics dan mengirimkan permintaan pemesanan. [BA/HBS]

Sumber: NY Post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here