Oh No! Nonton YouTube di Huawei Mate 30 Cuma via Browser

Telset.id, Jakarta – Meski diklaim sebagai smartphone dengan kemampuan menakjubkan, tapi Huawei Mate 30 Series dibayangi oleh ketidakpastian. Pasalnya, calon konsumen bertanya-tanya apakah bisa menggunakan aplikasi Android yang didukung oleh Google atau tidak.

Asal tahu saja, Mate 30 dan Mate 30 Pro keluaran terbaru Huawei akan membawa galeri aplikasi sendiri, bukan Play Store bikinan Google. Meski demikian, pengguna Mate 30 masih bisa mengunduh Facebook, WhatsApp, dan Instagram.

“Penderitaan” pengguna Huawei Mate 30 Series tidak berhenti sampai disitu. Menurut bos Huawei, Richard Yu, pengguna hanya bisa menonton YouTube via browser saja, bukan aplikasi.

{Baca juga: Huawei: Mate 30 Series Lebih Baik dari Trio iPhone 11}

“Untuk mengakses YouTube, pengguna harus melalui peramban atau browser,” katanya, dilansir Reuters.

Mate 30 dan Mate 30 Pro akan berjalan di sistem operasi Android versi open-source atau generik. Sekadar informasi, hal serupa sudah berlaku untuk smartphone besutan Huawei di pasar China.

Opsi tersebut mengandung arti bahwa beberapa aplikasi mungkin tidak berfungsi secara baik atau berjalan lancar. Namun, Huawei memberi benefit dengan menghadirkan kualitas desain dan fitur.

Menggelar peluncuran Mate 30 dan Mate 30 Pro di Eropa merupakan bentuk sikap penghormatan Huawei terhadap 500 juta konsumen. Akan tetapi, angka itu diprediksi bakal terus mengalami penurunan.

{Baca juga: Konsumen Asia Tak Tertarik Trio iPhone 2019?}

“Meskipun Mate 30 dan Mate 30 Pro dipenuhi fitur-fitur indah, kami berpikir tidak akan laku seperti generasi-generasi sebelumnya,” kata Annette Zimmermann dari perusahaan konsultan Gartner.

“Rata-rata pengguna tidak akan menerima kenyataan bahwa Mate 30 dan Mate 30 Pro tidak memiliki akses ke aplikasi favorit,” tambah Zimmermann, yang juga menghadiri acara peluncuran. (SN/FHP)

Sumber: Reuters

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI