Kominfo: BJ Habibie Adalah Bapak Teknologi Indonesia

Telset.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie. Kominfo menyebut, Habibie merupakan sosok yang menginspirasi dan layak disebut sebagai Bapak Teknologi Indonesia.

Menurut Plt. Kabiro Humas Kominfo Ferdinandus Setu, sosok Habibie telah mengembangkan industri pesawat lewat PT Dirgantara Indonesia, dimana saat itu dirinya masih menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek).

“Beliau adalah Bapak Teknologi Indonesia. Tahun 1980an, Menristek BJ Habibie memimpin PT Dirgantara Indonesia yang memiliki divisi perancangan dan pengembangan satelit buatan Indonesia,” kata Ferdinandus Setu lewat keterangan tertulisnya pada Rabu (11/09/2019) malam.

{Baca juga: Kominfo Gandeng BNPT Lawan Terorisme di Internet}

Selain itu, mendiang Habibie juga membangun fasilitas pengembangan satelit hingga menyekolahkan puluhan putra-putri terbaik Indonesia ke luar negeri untuk belajar teknologi satelit.

Hal ini yang menjadi pondasi bagi Kominfo untuk terus mengembangkan satelit seperti Satelit Multifungsi Satria yang masih dalam tahap pengembangan.

“Sebuah semangat yang kami pelajari dari Bapak Habibie untuk terus berinovasi memberikan yang terbaik bagi bumi pertiwi,” tambah Ferdinandus.

Di bidang media massa, Habibie juga menginisiasi kebebasan pers di Tanah Air lewat Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Menurutnya, presiden ke-3 RI itu juga menghapus Surat Izin Usaha Penerbitan Pers (SIUPP) yang menjadi momok bagi insan pers di Orde Baru.

{Baca juga: 3 Tips Internetan Aman ala Kominfo}

“SIUPP yang menjadi momok bagi pers di era orde baru ditiadakan. Pers yang bebas menjadi ciri penting sebuah negara demokrasi. Terima kasih Prof Habibie atas semua langkah-langkah Bapak untuk negari tercinta Indonesia,” tutup Ferdinandus.

Sebelumnya, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/09/2019) pukul 18:05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Tokoh kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 meninggal di usia 83 tahun. (NM/FHP)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Tips Menggunakan Shotgun di Free Fire, Biar Bisa Booyah!

Telset.id - Senjata shotgun sering dipandang sebelah mata di dalam game Free Fire. Padahal jika digunakan dengan benar, senjata...

Samsung Exynos 880 Meluncur dengan Modem 5G Terintegrasi

Telset.id, Jakarta - Samsung seperti tak mau ketinggalan untuk merilis prosesor 5G kelas menengah. Mengikuti jejak Qualcomm, MediaTek, hingga HiSilicon...

ARM Rilis Inti Prosesor Baru, Cortex-A78 dan Cortex-X1

Telset.id, Jakarta - ARM baru saja mengumumkan inti prosesor generasi terbarunya, yakni ARM Cortex-A78 dan Cortex-X1. Keduanya bakal digunakan...

10 Aplikasi Pengubah Suara Terbaru 2020 di Android

Telset.id - Pernah terpikir gak untuk mengubah suara asli hingga memiliki efek echo, mirip seperti robot, atau bahkan terdengar tegas dengan...

Flash Sale Galaxy M21 Kembali Digelar, Banyak Benefitnya!

Telset.id, Jakarta - Kabar gembira bagi Anda yang ingin membeli smartphone Galaxy M21. Samsung Electronics Indonesia mengumumkan kembali menggelar...
- Advertisement -