Tahukah Anda Fungsi Sikat di Eskalator?

Telset.id,Jakarta – Saat kita naik eskalator, pasti Anda sering melihat benda menyerupai sikat yang ada di sepanjang sisi bawah eskalator. Banyak orang yang belum tahu apa sebenarnya fungsi dari sikat tersebut. Apakah untuk membersihkan sepatu? Ternyata bukan. Lalu untuk apa?

Dapatkah Anda membayangkan dunia tanpa eskalator? Anda harus berjalan menaiki tangga saat berbelanja di mall favorit yang memiliki lebih dari 5 lantai. Tentu saja itu bukanlah sesuatu yang menyenangkan.

Tangga berjalan ini memang sangat nyaman dan dapat menghemat tenaga kita. Tapi bukan itu yang akan kita bahas dalam tulisan ini. Hal yang akan kita bicarakan adalah soal sikat di eskalator.

{Baca juga: Video Horor, Leher Gadis Ini Nyaris Putus saat Bermain Eskalator}

Ya, saat menaiki eskalator, Anda pasti pernah melihat sikat yang ada di sepanjang sisi eskalator. Bentuknya seperti sikat sepatu. Tapi apakah itu sengaja dipasang untuk membersihkan sepatu para pengguna eskalator?

Sikat yang mirip sikat sepatu itu ternyata berperan sangat penting untuk keamanan pengguna eskalator. Dan ternyata, banyak dari kita yang tidak tahu apa fungsinya.

Selama ini, peristiwa kecelakaan terkait dengan eskalator sebagian besar menurut Reed & Mansfield, sebuah firma hukum terkemuka di California, biasanya disebabkan beberapa faktor.

Di antaranya, kaki terjepit di antara tangga dan bagian tepi eskalator. Kaki terperangkap di antara sisi eskalator dan tangga yang bergerak.

Keduanya menyebabkan cedera parah yang disebut “degloving”. Anda dapat mencari gambar cedera tersebut di Google, namun tidak kami sarankan karena gambar-gambarnya cukup mengerikan. Kemungkinan Anda tidak kuat melihatnya.

Di sinilah sikat tersebut berperan. Sebab, sikat ini akan mencegah orang untuk berdiri tepat di tepi eskalator. Selain itu, sikat ini mencegah pakaian dan kaki agar tidak terseret ke ruang di antara sisi dan tangga.

Namun, alasan paling penting lainnya, menurut Popular Science, sikat tersebut berfungsi untuk mencegah kotoran masuk ke roda gigi dan membuat eskalator meledak. Semisal, kotoran rambut, debu, dan puing-puing lainnya.

Untuk diketahui, menurut Popular Science, eskalator pertama kali dibuat dan dipatenkan pada tahun 1892. Sejak itu, desainnya tetap sama, hingga terjadi sebuah bencana pada tahun 1987 ketika eskalator stasiun London Underground meledak, menewaskan 31 orang!

Setelah dilakukan penyelidikan, kejadian itu disebabkan karena adanya kotoran yang masuk ke mesin. Sejumlah rambut, serpihan kertas, serat, dan bahkan minyak ditemukan terkumpul di dalam rangka bawah mesin eskalator.

{Baca juga: Viral Foto Anak Terjepit Eskalator, Bikin Ngeri!}

Gesekan ekstrim antara puing-puing dan roda gigi menyebabkan kebakaran dan membuat eskalator meledak! Sungguh menakutkan!

Sejak itu, dilakukan upaya menambah keamanan untuk menghindari bencana seperti itu. Di antaranya, tombol berhenti darurat, alat penyiram otomatis dan tentu saja, sikat deflektor.

Jadi, lain kali ketika Anda menggunakan eskalator, hindari menggunakan sikat ini sebagai pembersih sepatu, oke! [BA/HBS]

Sumber: World of Buzz

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Samsung Garap Fitur Quick Share, Contek AirDrop Apple?

Telset.id, Jakarta - Samsung dilaporkan sedang mengembangkan fitur bernama Quick Share. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk kirim file antar smartphone...

Ngakak! Sejumlah TikTokers Pria Celupkan Testis ke Kecap

Telset.id, Jakarta - Ada-ada saja kelakuan pengguna TikTok yang bikin ngakak. Sejumlah TikTokers pria melakukan eksperimen aneh dengan celupkan...

Ucapan “Gong Xi Fa Cai” jadi Trending Topic di Twitter

Telset.id, Jakarta - Ucapan Gong Xi Fa Cai, Happy Chinese New Year, hingga Selamat Tahun Baru Imlek menjadi trending di...

Huawei Developer Conference Ditunda Akibat Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Virus Corona tidak hanya berdampak pada banyak orang, tapi juga bagi perusahaan sekelas Huawei. Dilaporkan, ajang...

2020, Apple Garap Controller VR dan SoC iPhone Sekencang MacBook

Telset.id, Jakarta - Di tahun ini, Apple tidak hanya mempersiapkan lini seri iPhone 12 saja, tapi juga teknologi canggih...
- Advertisement -