Tahukah Anda Fungsi Sikat di Eskalator?

Telset.id,Jakarta – Saat kita naik eskalator, pasti Anda sering melihat benda menyerupai sikat yang ada di sepanjang sisi bawah eskalator. Banyak orang yang belum tahu apa sebenarnya fungsi dari sikat tersebut. Apakah untuk membersihkan sepatu? Ternyata bukan. Lalu untuk apa?

Dapatkah Anda membayangkan dunia tanpa eskalator? Anda harus berjalan menaiki tangga saat berbelanja di mall favorit yang memiliki lebih dari 5 lantai. Tentu saja itu bukanlah sesuatu yang menyenangkan.

Tangga berjalan ini memang sangat nyaman dan dapat menghemat tenaga kita. Tapi bukan itu yang akan kita bahas dalam tulisan ini. Hal yang akan kita bicarakan adalah soal sikat di eskalator.

{Baca juga: Video Horor, Leher Gadis Ini Nyaris Putus saat Bermain Eskalator}

Ya, saat menaiki eskalator, Anda pasti pernah melihat sikat yang ada di sepanjang sisi eskalator. Bentuknya seperti sikat sepatu. Tapi apakah itu sengaja dipasang untuk membersihkan sepatu para pengguna eskalator?

Sikat yang mirip sikat sepatu itu ternyata berperan sangat penting untuk keamanan pengguna eskalator. Dan ternyata, banyak dari kita yang tidak tahu apa fungsinya.

Selama ini, peristiwa kecelakaan terkait dengan eskalator sebagian besar menurut Reed & Mansfield, sebuah firma hukum terkemuka di California, biasanya disebabkan beberapa faktor.

Di antaranya, kaki terjepit di antara tangga dan bagian tepi eskalator. Kaki terperangkap di antara sisi eskalator dan tangga yang bergerak.

Keduanya menyebabkan cedera parah yang disebut “degloving”. Anda dapat mencari gambar cedera tersebut di Google, namun tidak kami sarankan karena gambar-gambarnya cukup mengerikan. Kemungkinan Anda tidak kuat melihatnya.

Di sinilah sikat tersebut berperan. Sebab, sikat ini akan mencegah orang untuk berdiri tepat di tepi eskalator. Selain itu, sikat ini mencegah pakaian dan kaki agar tidak terseret ke ruang di antara sisi dan tangga.

Namun, alasan paling penting lainnya, menurut Popular Science, sikat tersebut berfungsi untuk mencegah kotoran masuk ke roda gigi dan membuat eskalator meledak. Semisal, kotoran rambut, debu, dan puing-puing lainnya.

Untuk diketahui, menurut Popular Science, eskalator pertama kali dibuat dan dipatenkan pada tahun 1892. Sejak itu, desainnya tetap sama, hingga terjadi sebuah bencana pada tahun 1987 ketika eskalator stasiun London Underground meledak, menewaskan 31 orang!

Setelah dilakukan penyelidikan, kejadian itu disebabkan karena adanya kotoran yang masuk ke mesin. Sejumlah rambut, serpihan kertas, serat, dan bahkan minyak ditemukan terkumpul di dalam rangka bawah mesin eskalator.

{Baca juga: Viral Foto Anak Terjepit Eskalator, Bikin Ngeri!}

Gesekan ekstrim antara puing-puing dan roda gigi menyebabkan kebakaran dan membuat eskalator meledak! Sungguh menakutkan!

Sejak itu, dilakukan upaya menambah keamanan untuk menghindari bencana seperti itu. Di antaranya, tombol berhenti darurat, alat penyiram otomatis dan tentu saja, sikat deflektor.

Jadi, lain kali ketika Anda menggunakan eskalator, hindari menggunakan sikat ini sebagai pembersih sepatu, oke! [BA/HBS]

Sumber: World of Buzz

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

5 HP Murah dengan Snapdragon 665, Dijamin Baterai Awet!

Telset.id - Smartphone dengan baterai yang awet, bukan cuma karena menawarkan kapasitas yang besar. Sebuah HP pintar dengan baterai awet...

Sarung Tangan Khusus Ini Bisa Menerjemahkan Bahasa Isyarat

Telset.id, Jakarta - Para peneliti dari Sekolah Teknik Samueli UCLA telah mengembangkan sarung tangan canggih yang bisa menerjemahkan gerakan...

Beli Kosmetik di Korea Selatan Bisa via Cermin AR

Telset.id, Jakarta - Di Korea Selatan, beli kosmetik secara virtual bisa via cermin augmented reality atau AR. Teknologi itu...

Eau de Space, Parfum Luar Angkasa Buatan Eks Ilmuwan NASA

Telset.id, Jakarta - Seorang ahli kimia bernama Steve Pearce, yang pernah bekerja untuk NASA, membuat parfum aroma luar angkasa....

Asus Zenfone Max Pro M1 Kebagian Update Android 10 Beta

Telset.id, Jakarta - Asus terus melanjutkan konsistensinya untuk memberikan dukungan sistem operasi terbaru bagi seri lawas mereka. Baru-baru ini,...
- Advertisement -