5 Alasan Kenapa Smartphone Rp 3 Jutaan Bisa Bikin ‘Ngiler’

Telset.id, Jakarta – Dulu jika Anda inging mendapatkan fitur smartphone yang canggih harus merogoh kantong yang sangat dalam, karena hanya fitur canggih hanya ada di smartphone kelas flagship. Namun dengan kemajuan teknologi, harga smartphone Rp 3 jutaan pun sudah tak kalah canggih.

Beberapa tahun yang lalu, sejumlah fitur mewah di dalam sebuah smartphone mungkin hanya bisa diharapkan oleh mereka yang berkantong tebal. Jika tidak, ya bersiap saja menerima nasib, berlapang dada memperoleh apapun yang disediakan vendor untuk Anda.

Resolusi layar yang rendah, kamera biasa-biasa saja, suara nyaring bak anak bayi yang baru melihat dunia, dan sebagainya. Singkat kata, nggak enak deh jadi orang – ehem… nggak banyak duit.

Tapi… tapi… tapi… itu kemarin-kemarin, dulu-dulu. Nyatanya, meski menjadi orang tak berduit tetap tidak enak, namun apa yang sebelumnya tidak bisa kita dapatkan kini menjadi lebih mungkin. Tentu saja kita tidak sedang berbicara tentang tas Gucci atau LV, tapi smartphone.

Ya, saat ini smartphone Rp 3 jutaan sudah bisa mendapatkan fitur mewah di dalam sebuah smartphone bukan lagi sekedar impian, bahkan buat kita yang berduit sedikit sekalipun. Mau apa?

Layar jernih beresolusi tinggi? Desain elegan nan memesona? Sensor sidik jari di dalam layar? Atau… sekedar kamera canggih untuk membuat wajah secantik artis Korea? BISA! Dan kita memiliki banyak sekali pilihan untuk itu. Salah satunya adalah Oppo K3.

{Baca juga: Hands-on Oppo K3: Smartphone Menengah Bertampang Premium}

Dibanderol dengan harga sekitar Rp3,9 juta, smartphone teranyar Oppo ini bukan saja bisa dijangkau oleh kita kaum yang selalu kekurangan duit, ini juga menghadirkan sejumlah fitur menawan yang beberapa tahun lalu mungkin hanya bisa ditemui di smartphone kelas atas. Nah, apa saja fitur-fitur yang dimaksud?

1. Layar OLED Panoramic

Organic Light-Emitting Diode (OLED) atau diode cahaya organik, ini adalah sebuah semikonduktor sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik.

Biasanya OLED digunakan dalam teknologi elektroluminensi, seperti pada aplikasi tampilan layar atau sensor. Kelebihannya, fleksibel dengan ketipisan mencapai kurang dari 1 mm.

Di dunia smartphone, teknologi layar ini mulai diadopsi oleh banyak pabrikan. Salah satunya Oppo, yang menyematkannya di badan smartphone terbaru dan masuk kategori kelas menengah, Oppo K3. Bersamanya, ada layar Panoramic dengan ukuran 6,5 inci beresolusi 2340 x 1080.

Apa hebatnya layar ini? Pastinya memberikan pengalaman visual yang baik. Sehingga terasa pas saat digunakan untuk menikmati konten multimedia. Oh, rasio screen-to-body 91,1% yang dibawanya juga memberikan tampilan layar penuh. Lega deh pokoknya.

2. In Display Fingerprint

Beberapa waktu yang lalu, sebagian dari kita mungkin hanya akan mendapati fitur ini tersemat di badan-badan smarphone kelas atas, yang harganya sendiri sudah pasti tidak setara dengan satu gerobak cendol. Saat itu, kita cuma bisa ngiler. Sampai beberapa pembuat smartphone datang untuk memberi kabar gembira.

Sensor sidik jari di bawah layar juga ada di smartphone harga terjangkau, lho! Dan inilah yang dilakukan Oppo, ketika membiarkan smartphone harga 3 jutaan-nya membekali diri dengan fitur serupa. Namanya Oppo K3. Dan berdasarkan sedikit pengujian nih, responnya cepat.

3. Kamera pop up

Kamera pop up memang masih belum menjadi fitur idola bagi smartphone kelas atas, namun mengingat tren yang berkembang saat ini, menjadikan pop up camera sebagai salah satu alasan kenapa smartphone Rp3 jutaan juga bisa bikin ngiler, rasanya tidak berlebihan.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

Modul kamera pop-up ini secara default tersembunyi di dalam body perangkat, secara tidak langsung menyingkirkan hal-hal yang mungkin menganggu kelapangan layar. Disini, kamera akan muncul dalam waktu 0,8 detik ketika kita ingin melakukan selfie atau pemindaian wajah.

Setelah selesai, ia akan secara otomatis menutup kembali. Bukan sesuatu yang sangat fantastis memang, tapi bukankah inovasi harus selalu dihargai?

4. AI

Selain mekanisme pop up yang unik, hal lainnya lagi yang bisa diapresiasi dari smartphone harga Rp3 jutaan Oppo ini adalah kualitas kameranya yang bagus. Smartphone ini punya dua kamera di bagian belakang dengan resolusi 16MP aperture f/1.7 dan 2MP lensa depth aperture f/2.4. Kedua kamera itu sudah disematkan fitur-fitur berbasis Artificial Intelligence (AI) bernama Ultra Night Mode 2.0 sampai Artistic Portrait Mode.

5. Prosesor cepat

Memiliki smartphone yang cepat dan terampil dalam mengerjakan banyak hal adalah idaman semua orang, bahkan yang tidak masuk kategori tajir mampus.

Kabar baiknya, Oppo membuat K3 menjadi salah satunya berkat Snapdragon 710 besutan Qualcomm. Lengkap dengan arsitektur delapan inti Kryo dengan kecepatan clock hingga 2.2 GHz serta GPU Adreno 616.

Spesifikasi ini lantas dikombinasikan dengan RAM 6GB, penyimpanan 64GB, dan ColorOS 6 yang dioptimalkan dengan baik. Ini secara tidak langsung memastikan pengalaman yang mulus ketika Anda berinteraksi dengan Oppo K3. [IF]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Anak-anak Kecanduan Main TikTok? Begini Cara Mencegahnya

Telset.id, Jakarta - TikTok rupanya tak ingin pengguna terus-terusan TikTok-an tanpa mengenal waktu. Alhasil, media sosial yang tengah booming dan...

Twitter Tandai Kicauan Hoaks yang Diunggah Warganet

Telset.id, Jakarta - Twitter saat ini tengah mencoba fitur baru untuk mencegah berita hoaks di platform. Fitur baru Twitter ini nantinya...

Cara Tambahkan Watermark pada Foto di Smartphone Android

Telset.id - Menambahkan watermark di foto merupakan hal yang selalu dilakukan oleh para fotografer. Biasanya, untuk tambahkan watermark pada foto...

Grab Dapat Modal Rp 9,7 Triliun dari Mitsubishi UFJ

Telset.id,Jakarta - Grab dilaporkan telah menerima investasi sebesar USD 700 juta atau setara Rp 9,7 triliun dari perusahaan perbankan...

Fitur Unik Android 11: Ketuk Body untuk Aktifkan Assistant

Telset.id, Jakarta - Suksesor Android 10, yakni Android 11 diharapkan akan diperkenalkan Google di tahun ini dengan membawa beragam fitur...
- Advertisement -