Berkat Pendeteksi Wajah, Pelaku Pembunuhan Tertangkap

Telset.id, Jakarta  – Teknologi terkadang memiliki beberapa kegunaan di luar dugaan. Bahkan kadang-kadang teknologi bekerja dengan cara yang mungkin tidak Anda harapkan. Contohnya seperti teknologi pendeteksi wajah di China ini.

Sistem pendeteksi wajah yang digunakan oleh aplikasi pinjaman telah membantu polisi China melacak serta menangkap seorang tersangka pembunuhan.

Menurut laporan South China Morning Post, dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Minggu (25/8/2019), pria berusia 29 tahun diduga membunuh pacarnya karena masalah uang.

{Baca juga: Kepo, Pemerintah China Awasi Warganya Pakai Drone Burung

Setelah melakukan pembunuhan, ia kemudian mencoba menggunakan identitas milik korban untuk mengajukan pinjaman online melalui aplikasi bernama Money Station.

Namun demikian, aplikasi tersebut mengharuskan pengguna untuk memindai wajah calon debitur dan berkedip selama proses persetujuan. Lantas, apa yang terjadi?

Karena korban sudah mati, proses verifikasi tak bisa dilakukan. Pada waktu bersamaan, aplikasi mendeteksi bahwa suara yang terekam bukan milik wanita, tetapi pria.

Setelah verifikasi gagal, pekerja di Money Station kemudian secara manual memeriksa verifikasi. Ia menemukan fakta bahwa perempuan itu memar dengan tanda merah di leher.

Ia langsung memberi tahu pihak berwenang dan berhasil melacak tersangka. Pelaku pun ditangkap. Ia ternyata telah mencuri uang USD 4.200 atau Rp60 jutaan dari akun korban.

{Baca juga: Berkat Teknologi Pemindai Wajah, Buronan Diciduk saat Nonton Konser}

Pelaku juga diketahui telah menggunakan ponsel milik korban. Ia memakainya untuk memberi tahu orangtua dan majikan. Ia mengaku sedang bepergian dan butuh cuti. [SN/HBS]

Sumber: Ubergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI