Sebar Hoaks Demo Hong Kong, Ratusan Channel YouTube Dihapus

Telset.id, Jakarta – Awal pekan ini, Google menghapus 210 channel YouTube sebagai bagian dari upaya untuk memerangi berita hoaks atau informasi salah. Saluran tersebut adalah “operasi pengaruh terkoordinasi” terkait demo di Hong Kong.

Keputusan itu menyusul langkah Twitter menangguhkan 936 akun pada Senin (19/08) lalu yang berusaha melemahkan protes di Hong Kong. Facebook pun melakukan hal serupa dengan menarik lima akun, tujuh halaman, dan tiga grup.

Channel YouTube yang dinonaktifkan berperilaku terkoordinasi saat mengunggah video terkait demo di Hong Kong. Google juga menemukan fakta bahwa channel itu menggunakan VPN dan cara lain untuk menyamarkan akun.

{Baca juga: Twitter dan Facebook Hapus Akun Provokator Demo Hong Kong}

“Penemuan 210 channel di YouTube konsisten dengan pengamatan dan tindakan terbaru terkait China. Temuan kami sama persis dengan temuan Facebook dan Twitter,” kata Google, dikutip Telset.id dari CNET, Jumat (23/08/2019).

Twitter dan Facebook menangguhkan jaringan akun palsu yang dioperasikan oleh China. Dua raksasa media sosial tersebut melakukan penyelidikan operasi informasi terkoordinasi untuk mencegah akun provokator demo Hong Kong.

Penyelidikan yang dilakukan oleh Twitter dan Facebook untuk mengungkap potensi perselisihan politik yang sengaja dirancang di sekitar protes yang terjadi di Hong Kong. Twitter menemukan 936 akun yang dibuat di Republik Rakyat China.

{Baca juga: Akali Kamera Polisi, Demonstran di Hong Kong Pakai Laser}

Lain hal, jaringan akun yang ditemukan oleh Facebook berjumlah jauh lebih kecil. Menurut Nathaniel Gleicher, kepala kebijakan keamanan siber Facebook, ada tujuh halaman, tiga grup, dan lima akun palsu yang terlacak dan langsung dihapus.

Akun-akun palsu itu diketahui ikut serta dalam operasi informasi yang menentang protes. Facebook menyatakan, sekitar 15.500 akun mengikuti setidaknya satu dari halaman palsu dan 2.200 akun bergabung dengan setidaknya satu dari grup palsu. (SN/FHP)

Sumber: CNET

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Pandemi Covid-19, Penjualan Realme Justru Meroket

Telset.id, Jakarta - Realme dengan percaya diri menyatakan bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia tidak begitu berpengaruh pada angka penjualan smartphone...

Harga Samsung Galaxy Note 20 Bocor, Dijual Rp 14 Jutaan?

Telset.id, Jakarta - Samsung tengah bersiap untuk menghadirkan Galaxy Note 20 series. Kini, bocoran harga Samsung Galaxy Note 20...

Denny Siregar Ancam Gugat Kominfo Terkait “Cyber Teroris”

Telset.id, Jakarta - Penulis Denny Siregar ancam akan gugat Kementerian Komunikasi dan Informatiksa (Kominfo) dan Telkomsel. Penyebabnya, ia merasa...

Ilmuwan Kenya Punya Cara Ampuh untuk Basmi Hama Belalang

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan di Kenya mengembangkan cara unik untuk basmi belalang atau hama lain yang memakan tanaman....

Vivo X50 Series Dipastikan Segera Mendarat di Indonesia

Telset.id, Jakarta - Setelah mengunggah teaser di akun media sosialnya. Vivo akhirnya resmi mengkonfirmasi bahwa Vivo X50 Series akan...
- Advertisement -