Sebar Hoaks Demo Hong Kong, Ratusan Channel YouTube Dihapus

Telset.id, Jakarta – Awal pekan ini, Google menghapus 210 channel YouTube sebagai bagian dari upaya untuk memerangi berita hoaks atau informasi salah. Saluran tersebut adalah “operasi pengaruh terkoordinasi” terkait demo di Hong Kong.

Keputusan itu menyusul langkah Twitter menangguhkan 936 akun pada Senin (19/08) lalu yang berusaha melemahkan protes di Hong Kong. Facebook pun melakukan hal serupa dengan menarik lima akun, tujuh halaman, dan tiga grup.

Channel YouTube yang dinonaktifkan berperilaku terkoordinasi saat mengunggah video terkait demo di Hong Kong. Google juga menemukan fakta bahwa channel itu menggunakan VPN dan cara lain untuk menyamarkan akun.

{Baca juga: Twitter dan Facebook Hapus Akun Provokator Demo Hong Kong}

“Penemuan 210 channel di YouTube konsisten dengan pengamatan dan tindakan terbaru terkait China. Temuan kami sama persis dengan temuan Facebook dan Twitter,” kata Google, dikutip Telset.id dari CNET, Jumat (23/08/2019).

Twitter dan Facebook menangguhkan jaringan akun palsu yang dioperasikan oleh China. Dua raksasa media sosial tersebut melakukan penyelidikan operasi informasi terkoordinasi untuk mencegah akun provokator demo Hong Kong.

Penyelidikan yang dilakukan oleh Twitter dan Facebook untuk mengungkap potensi perselisihan politik yang sengaja dirancang di sekitar protes yang terjadi di Hong Kong. Twitter menemukan 936 akun yang dibuat di Republik Rakyat China.

{Baca juga: Akali Kamera Polisi, Demonstran di Hong Kong Pakai Laser}

Lain hal, jaringan akun yang ditemukan oleh Facebook berjumlah jauh lebih kecil. Menurut Nathaniel Gleicher, kepala kebijakan keamanan siber Facebook, ada tujuh halaman, tiga grup, dan lima akun palsu yang terlacak dan langsung dihapus.

Akun-akun palsu itu diketahui ikut serta dalam operasi informasi yang menentang protes. Facebook menyatakan, sekitar 15.500 akun mengikuti setidaknya satu dari halaman palsu dan 2.200 akun bergabung dengan setidaknya satu dari grup palsu. (SN/FHP)

Sumber: CNET

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Xiaomi Umumkan Tanggal Peluncuran Black Shark 3, Kapan?

Telset.id, Jakarta - Pasca serangkaian bocoran spesifikasi yang beredar, kali ini giliran tanggal kelahiran Black Shark 3 yang mulai...

Cara Memantau Titik Banjir di Jakarta Melalui PetaBencana.id

Telset.id, Jakarta - Banjir kembali terjadi di Jakarta pada Selasa (25/02/2020). Bagi pengguna jalan yang ingin terhindar dari genangan...

Huawei Mate Xs Resmi Meluncur dengan Kirin 990 5G

Telset.id, Jakarta - Huawei secara resmi mengumumkan smartphone lipat terbarunya, Huawei Mate Xs. Smartphone ini sendiri merupakan versi upgrade...

Berbekal Banyak Fitur Pintar, Honor Magic Earbuds Siap Saingi AirPods

Telset.id, Jakarta - Perangkat True Wireless Stereo (TWS) kian hari kian populer. Dipelopori oleh Apple, kini semakin banyak saja...

Jakarta Diguyur Hujan Semalam Suntuk, Tagar #Banjir Bergema

Telset.id, Jakarta - Hujan mengguyur Jakarta dan sekitarnya semalam suntuk sejak Senin malam (24/02/2020), mengakibatkan banjir di banyak tempat....
- Advertisement -