Akali Kamera Polisi, Demonstran di Hong Kong Pakai Laser

Telset.id, Jakarta – Beberapa waktu lalu, terjadi demonstrasi secara besar-besaran di Hong Kong. Mereka memprotes kehadiran RUU ekstradisi nan kontroversial yang digagas oleh China.

Dalam aksi protes itu, massa terlibat konflik dengan polisi. Ternyata, ada laporan bahwa para demonstran menggunakan laser untuk mencoba mengecoh kamera pengenal wajah.

Massa mengambil laser dan lampu terang untuk menyinari kamera pengenal wajah yang terpasang. Menurut laporan Ubergizmo, para demonstran melakukannya juga untuk mengganggu polisi.

{Baca juga: Aksesoris Aneh Ini Bisa Kecoh Sistem Pengenal Wajah}

Seperti dikutip Telset.id, Senin (04/08/2019), banyak demonstran memakai topeng untuk menutupi wajah. Beberapa orang bahkan melangkah lebih jauh untuk menutupi merek sepatu yang dipakai.

Informasi menyebut, mereka melakukannya untuk mencegah identifikasi dari pihak berwajib. Mereka yakin taktik tersebut sangat jitu untuk membantu menjaga identitas diri tetap anonim.

Taktik serupa ternyata digunakan pula oleh polisi. Beberapa petugas juga mengarahkan sinar terang kepada para kru televisi dan fotografer untuk mencegah supaya tidak terekam oleh kamera.

Banyak orang memang merasa tidak nyaman dengan penggunaan teknologi pengenal wajah. Privasi mereka di tempat umum merasa dilanggar lantaran terpantau oleh kamera keamanan.

{Baca juga: Kumpulan Cheat GTA San Andreas PC dan PS2 Lengkap}

Sampai-sampai, seorang perancang bernama Ewa Nowak menemukan solusi untuk masalah itu. Ia mewujudkannya dalam bentuk perhiasan spesial yang tampak aneh ketika dipakai oleh siapapun.

Perhiasan tersebut mampu mengalahkan sistem pengenal wajah. Perhiasan itu terdiri atas dua lingkaran kuningan yang menempel di tulang pipi. Ada pula kuningan panjang dari bawah ke dahi. (SN/FHP)

Sumber: Ubergizmo

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Charge Ponsel Saat Mandi, Remaja 15 Tahun Tewas Kesetrum

Telset.id, Jakarta - Mengisi daya ponsel terbukti tidak boleh dilakukan di sembarang tempat. Seorang perempuan berusia 15 tahun yang...

Cara Resize Ukuran Foto di Smartphone Tanpa Aplikasi

Telset.id - Smartphone masa kini sudah dibekali dengan resolusi kamera yang tinggi. Ini berimbas pada ukuran file dari foto yang...

Wow! Jutaan Burung Terdeteksi Migrasi dari Amerika Selatan

Telset.id, Jakarta - Sebuah radar cuaca di Florida Keys telah menangkap gambar proporsi Hitchcockian, yakni segerombolan besar burung yang...

Angkatan Laut AS Kembangkan Robot Belalang untuk Lacak Bom

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan telah mendapatkan guyuran dana dari Angkatan Laut Amerika Serikat (AS). Dana tersebut bakal digunakan...

Modem Snapdragon X60 Meluncur, Pertama dengan Fabrikasi 5nm

Telset.id, Jakarta - Qualcomm telah meluncurkan modem 5G terbaru, yakni Snapdragon X60. Modem ini merupakan modem 5G ketiga yang diluncurkan oleh...
- Advertisement -
X
X