Salah Paham, Algoritma YouTube Malah Hapus Video Adu Robot

Telset.id, Jakarta Algoritma YouTube dinilai belum sempurna. Pasalnya, algoritma yang disematkan pada sistem moderasi video YouTube melakukan kesalahan dengan menghapus video adu robot.

Sekadar informasi, platform seperti YouTube adalah rumah bagi jutaan video. Artinya, akan menjadi tugas yang hampir mustahil bagi manusia untuk memoderasi semua konten di dalamnya.

Itulah sebabnya kenapa perusahaan menggunakan algoritma dan alat khusus untuk membantu secara otomatis mengidentifikasi jenis konten tertentu dan menandainya agar dihapus.

{Baca juga: Baru Seumur Jagung, Fitur YouTube Ini Pensiun Bulan Depan}

Konten tertentu yang dimaksud bisa berupa adegan grafik serta musik yang dilindungi hak cipta. Sayangnya, menurut laporan Ubergizmo, sistem tersebut ternyata bukanlah yang sempurna.

Dikutip Telset.id, Kamis (22/8/2019), algoritma yang disiapkan YouTube keliru mengira pertempuran antar-robot merupakan video kekejaman terhadap hewan.

Sebuah laporan Motherboard mengungkapkan bahwa beberapa saluran yang dijalankan oleh pesaing BattleBots menemukan bahwa video telah dihapus. Alasannya, video melanggar aturan.

YouTube memang melarang video yang mempertontonkan kekejaman terhadap hewan. Akan tetapi, dalam konten itu, tidak ada satu pun hewan yang diadu. Di sana hanya ada pertarungan antar-robot yang berbentuk hewan.

{Baca juga: Nonton Film Gratis dengan 4 Aplikasi ini, Dosa Tanggung Sendiri!}

YouTube kemudian mengembalikan video-video tersebut dan dalam sebuah pernyataan mengaku telah berbuat kesalahan. “Maklum, volume video di YouTube sangatlah besar,” ujar YouTube.

YouTube melanjutkan, setelah tahu ada kesalahan, perusahaan langsung bertindak cepat untuk mengembalikan video yang dihapus. YouTube bahkan menawari pengunggah untuk mengajukan banding. (SN/FHP)

Sumber: Ubergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI