Tim Cook “Curhat” Dampak Perang Dagang ke Donald Trump

Telset.id, Jakarta  – Meningkatnya tensi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China akan mempersulit Apple untuk bersaing dengan Samsung. Hal itu diungkapkan oleh CEO Apple, Tim Cook, kepada Presiden Donald Trump saat makan malam pada Jumat (16/82019) waktu setempat.

Apple akan dihantam oleh tarif baru yang mulai berlaku pada 1 September 2019. Sebab, sebagian besar produk Appke dibuat di China. Lain hal, Samsung tak akan terdampak oleh polemik antara AS dan China karena memproduksi sebagian besar produk di Vietnam, India, serta Indonesia.

{Baca juga: Donald Trump Minta Apple Pindahkan Pabrik ke AS}

“Saya melakukan pertemuan intim dengan Tim Cook. Ia berbicara kepada saya tentang tarif impor. Ia menyampaikan sesuatu hal yang menarik. Perusahaan Korea itu adalah pesaing nomor satu Apple. Namun, Samsung tidak membayar tarif tambahan karena berbasis di Korea Selatan,” kata Trump.

“Sulit bagi Apple untuk membayar tarif tambahan jika bersaing dengan perusahaan bagus seperti Samsung. Cook mengatakan bahwa Samsung merupakan rival terbaik. Saya pikir Cook membuat argumen menarik. Saya sedang mempertimbangkannya,” imbuh Trump seperti dilansir CNET.

Dikutip Telset.id, Senin (19/8/2019), babak baru tarif impor China akan berlaku 1 September 2019. China bakal menaikkan harga beberapa barang elektronik sebesar 10 persen. Produk unggulan Apple seperti MacBook, iPad, dan iPhone akan menjadi yang paling terdampak kebijakan itu.

Trump telah meminta Apple untuk menggarap perangkat di AS. Maklum, selama ini, Apple melakukan proses manufaktur di luar negeri. Ternyata, fakta tersebutlah yang dibicarakan secara serius tapi santai oleh Trump dan Cook saat kemarin melakukan makan malam bersama.

Sebelumnya diberitakan, Trump mengaku makan malam bersama Cook pada Jumat kemarin waktu setempat. “Makan malam bersama Tim Cook dari Apple. Apple berjanji akan menghabiskan banyak uang di AS. Hebat!,” ujar Trump, yang sedang berlibur di Bedminster, New Jersey, lewat Twitter.

{Baca juga: Trump Makan Malam Bareng Tim Cook, Bahas Apa?}

Sayang, Gedung Putih tidak segera menanggapi pertanyaan mengenai agenda makan malam dengan Cook dan apa yang dimaksud Trump dengan mengatakan bahwa Apple akan menghabiskan banyak uang di AS. Apple pun tidak menanggapi permintaan komentar mengenai pertemuan tersebut.

Sumber: CNET

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI