7 Fitur yang Dinantikan dari Samsung Galaxy Note 10

Telset.id, Jakarta – Samsung Galaxy Note 10 segera diumumkan kehadirannya sebentar lagi. Smartphone itu akan melenggang secara resmi pada Kamis (08/08) dini hari nanti dalam acara “Galaxy Unpacked”, di Barclays Center, New York, Amerika Serikat.

Menjelang peluncurannya yang tinggal beberapa jam lagi, rasanya saat ini menjadi waktu yang tepat untuk merangkum seluruh rumor dan bocoran dari phablet penerus Note 9 itu yang beredar dalam beberapa bulan terakhir.

Sebab, cukup banyak rumor dan bocoran yang beredar soal smartphone flagship ini. Mulai dari desain, model, spesifikasi, kamera, dan lainnya.

Nah, karenanya dalam tulisan kali ini tim Telset.id akan merangkum 7 hal yang paling dinantikan dari Samsung Galaxy Note 10. Yuk simak!

Model 5G

Samsung Galaxy Note 10

Samsung biasanya hanya menghadirkan satu model Galaxy Note saja. Tapi di tahun ini, brand asal Korea Selatan itu akan membawa dua model Note 10, yaitu versi standar dan Note 10+.

Model reguler dan Note 10+ dilaporkan akan mengusung layar berukuran besar. Note 10 versi standar akan mengusung layar berukuran 6,28 inci. Sedangkan versi Note 10+, akan dibekali layar lebih besar, tepatnya 6,75 inci.

{Baca juga: Samsung Siapkan Empat Model Galaxy Note 10, Termasuk 5G}

Dengan ukuran layar tersebut, dipastikan smartphone tersebut akan menjadi smartphone dengan layar terbesar ketika dirilis. Sebagai perbandingan, Galaxy Note 9 memiliki layar 6,4 inci, Galaxy S9+ 6,2 inci, dan iPhone XS Max berukuran 6,5 inci.

Nah, masing-masing dari model tersebut memiliki versi yang mendukung teknologi jaringan 4G dan 5G. Khusus model 5G, Samsung memberikan nomor model SM-N971 dan SM-N976.

Jadi totalnya, kemungkinan akan ada empat model Galaxy Note 10, masing-masing varian LTE dan 5G.

Layar “Punch Hole”

Setelah trio Samsung Galaxy S10 yang menganut desain layar berlubang alias punch hole atau disebut sebagai Infinity-O, giliran Note 10 yang mengadopsi desain tersebut.

Akan tetapi, Samsung mengubah desain Infinity-O untuk Note 10 menjadi di tengah atas layar, bukan lagi di sudut atas layar seperti Galaxy S10.

{Baca juga: Bukan di Pinggir, “Tompel” Galaxy Note 10 Ada di Tengah}

Dilaporkan, jenis layar yang diusung Samsung untuk smartphone-nya berjenis Dynamic AMOLED dengan resolusi maksimum 1440 x 3040 piksel dan aspek rasio di atas 19 : 9.

Snapdragon 855+

Sebagai smartphone flagship terbaru, Samsung tentu akan memberikan dapur pacu yang maksimal untuk Samsung Galaxy Note 10. Rumornya sihsmartphone ini akan diotaki oleh dua jenis prosesor untuk pasar yang berbeda, yaitu Samsung Exynos 9825 dan Qualcomm Snapdragon 855 Plus.

Note 10 dengan Snapdragon 855 Plus akan ditanamkan Samsung pada smartphone yang dijual untuk pasar-pasar seperti Amerika Serikat dan Korea Selatan. Sementara Exynos 9825, akan dipasarkan di negara lainnya, termasuk Indonesia.

{Baca juga: Jelang Peluncuran, Bocoran Spek Galaxy Note 10+ Terungkap}

Kedua prosesor ini merupakan SoC dengan performa tertinggi untuk saat ini. Snapdragon 855 Plus saja misalnya, yang resmi jadi prosesor terkencang bagi smartphone Android saat ini.

Prosesor ini punya performa CPU dan GPU yang jauh lebih kencang dari Snapdragon 855. Clock-speed CPU Kryo 485 di Snapdragon 855 Plus naik menjadi 2.96 GHz dari 2.84 GHz. Sementara untuk GPU, Qualcomm mengklaim bahwa Adreno 640 di prosesor ini memberikan performa 15% lebih kencang daripada GPU Adreno 640 di Snapdragon 855 “standar”.

RAM 12GB DDR5

Samsung Galaxy Note 10

Samsung Galaxy Note 10 juga RAM hingga 12GB dan ROM 256GB atau 512GB UFS 3.0 yang bisa diperluas menggunakan microSD. Yang wajib diapresiasi adalah, RAM 12GB di Note 10 berjenis DDR5 dengan konfigurasi 8 modul DRAM 12 Gb (Gigabit) LPDDR5.

Hal ini bisa dipastikan setelah Samsung mengumumkan telah memulai produksi massal chip mobile DRAM 12 Gb (Gigabit) LPDDR5 pertama yang sudah dioptimalkan untuk mengaktifkan teknologi 5G dan AI di smartphone.

{Baca juga: Edan! Samsung Galaxy Note 10 Punya RAM 12GB DDR5}

RAM ini diklaim lebih kencang 30% (5500 Mb/s) dibandingkan 12Gb LPDDR4X (4266 Mb/s). Note 10 bergabung dengan jajaran smartphone flagship RAM 12GB, seperti OnePlus 7 Pro, Samsung Galaxy S10+, dan Xiaomi Black Shark 2. Akan tetapi, ketiga smartphone ini hanya punya RAM LPDDR4X, bukan LPDDR5.

Fast Charging 45W

Sisi baterai juga ditingkatkan kemampuannya pada Note 10. Versi standar akan ditopang oleh baterai berkapasitas 3,500 mAh dengan fast charging 25W, sementara versi Note 10+ punya baterai 4,300 mAh dengan fast charging 45W. Keduanya juga mendukung wireless charging dengan kecepatan 20W.

Apabila membandingkan fast charging Note 10+ dengan Galaxy Note 9, maka kecepatannya mencapai 3 kali lipat dari Note 9 yang hanya mengadopsi fast charging 15W untuk mengisi daya baterainya yang berkapasitas 4,000 mAh.

{Baca juga: Fast Charging Galaxy Note 10 Lebih Cepat dari P30 Pro}

Apabila dibandingkan dengan fast charging dari smartphone seperti Huawei P30 Pro, kecepatan Note 10 pun lebih cepat. Sebab, jagoan Huawei ini hanya mengusung teknologi 40W untuk mengisi baterainya yang berkapasitas 4,200 mAh.

Empat Kamera

Kedua model Galaxy Note 10 akan mengusung tiga konfigurasi kamera belakang yang sama, yaitu 12MP lensa utama, 16MP lensa ultra-wide, dan 12MP lensa telephoto. Tapi, khusus Note10+, Samsung menambahkan satu lensa tambahan berupa Time of Flight (ToF).

Tidak cuma itu, lensa utama Note 10 dikabarkan bahkan punya tiga kombinasi aperture yang berbeda, masing-masing adalah f/1.5, f/1.8, dan f/2.4.

Gesture Control S Pen

Samsung Galaxy Note 10
Foto: Wccftech

Samsung dikabarkan akan menambahkan berbagai peningkatan di S Pen untuk Samsung Galaxy Note 10. Salah satu peningkatan yang disematkan adalah, gesture control yang mempermudah navigasi pengguna tanpa menyentuh smartphone.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Peningkatan kemampuan pada S Pen terus dilakukan Samsung sejak Note 9. Asal tahu saja, S Pen di Note 9 bisa memungkinkan pengguna untuk mengontrol smartphone dari jarak jauh berkat teknologi Bluetooth hemat daya di dalamnya.

Itu dia 7 fitur penting yang dinantikan pada Samsung Galaxy Note 10 saat diresmikan nanti. Semoga saja, fitur-fitur tersebut menjadi kenyataan. Well, kita tunggu saja kehadirannya. (FHP)

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Infinix Hot 9 Pro: Upgrade Signifikan di Spesifikasi Kamera

Telset.id - Setelah merilis Hot 9 di beberapa negera, termasuk Indonesia, Infinix kini punya versi lain dari seri terbaru...

Redmi Display 1A, Monitor PC Pertama Bikinan Redmi

Telset.id, Jakarta - Redmi menghadirkan kejutan dengan meluncurkan sebuah perangkat baru. Bukan smartphone, melainkan sebuah monitor PC yang dinamai...

Tarif Posting Miliaran Rupiah, Ini 7 Selebgram Terkaya di Dunia

Telset.id - Selebgram atau selebriti Instagram sudah menjadi profesi yang menjanjikan. Selebgram biasanya bekerja sama dengan merek-merek ternama, dan...

Penampakan Desain Elegan dari Vivo X50 Pro

Telset.id, Jakarta - Setelah mengungkap beberapa teaser terkait kemampuan kamera Vivo X50 Pro, kini Vivo menampilkan wujud desain layar...

Tips Menggunakan Shotgun di Free Fire, Biar Bisa Booyah!

Telset.id - Senjata shotgun sering dipandang sebelah mata di dalam game Free Fire. Padahal jika digunakan dengan benar, senjata...
- Advertisement -