Ilmuwan Berhasil Terjemahkan Sinyal Otak Jadi Teks Tulisan

Telset.id, Jakarta – Ilmuwan terus melakukan eksplorasi terhadap kekuatan otak manusia. Baru-baru ini mereka berhasil menemukan cara untuk menerjemahkan sinyal otak manusia menjadi teks tulisan.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo pada Kamis (01/08/2019) Para ilmuwan dari University of California ebrhasil menymabil sinyal otak dan menerjemahkannya kedalam sebuah teks. Proyek yang didanai oleh Facebook ini diketuai oleh ahli bedah syaraft Edward Chang dan diterbitkan di Jurnal Nature.

“Sampai saat ini tidak ada sistem prostetik bicara yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi pada skala waktu yang cepat dari percakapan manusia,” kata Chang.

{Baca juga: Berkat Samsung, TV Bisa Dikendalikan Gelombang Otak}

Peneliti lain, David Moses menambahkan jika ini pertama kalinya mereka berhasil menemukan cara untuk mengurai sinyal otak menjadi teks tulisan. Walaupun kosa kata yang diterjemahkan masih terbatas, mereka berkomitmen untuk meningkatkan temuannya tersebut.

“Penting untuk diingat bahwa kami mencapai ini menggunakan kosakata yang sangat terbatas, tetapi dalam penelitian selanjutnya kami berharap dapat meningkatkan fleksibilitas serta keakuratan apa yang dapat kami terjemahkan,” ujar Moses.

Sebelumnya Para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology atau MIT juga mengembangkan cara untuk mengendalikan robot secara lebih intuitif, yakni menggunakan gerakan tangan dan gelombang otak. Bagaimana cara yang mereka ujicobakan?

{Baca juga: Peneliti Pakai Sinyal Otak untuk Kendalikan Robot}

Dilansir Engadget, tim MIT memanfaatkan kekuatan sinyal otak yang disebut sebagai error-related potentials atau potensi yang berhubungan dengan kesalahan (ErrP). Sistem memonitor aktivitas otak seseorang yang mengamati kerja robotik. Jika ErrP terjadi karena robot telah membuat kesalahan, aktivitas akan terhenti sehingga pengguna dapat memperbaikinya.

Sistem akan memanfaatkan antarmuka yang mengukur aktivitas otot lewat gerakan tangan guna mencari opsi yang benar untuk robot.

Sumber: Ubergizmo

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Penampakan Desain Elegan dari Vivo X50 Pro

Telset.id, Jakarta - Setelah mengungkap beberapa teaser terkait kemampuan kamera Vivo X50 Pro, kini Vivo menampilkan wujud desain layar...

Tips Menggunakan Shotgun di Free Fire, Biar Bisa Booyah!

Telset.id - Senjata shotgun sering dipandang sebelah mata di dalam game Free Fire. Padahal jika digunakan dengan benar, senjata...

Samsung Exynos 880 Meluncur dengan Modem 5G Terintegrasi

Telset.id, Jakarta - Samsung seperti tak mau ketinggalan untuk merilis prosesor 5G kelas menengah. Mengikuti jejak Qualcomm, MediaTek, hingga HiSilicon...

ARM Rilis Inti Prosesor Baru, Cortex-A78 dan Cortex-X1

Telset.id, Jakarta - ARM baru saja mengumumkan inti prosesor generasi terbarunya, yakni ARM Cortex-A78 dan Cortex-X1. Keduanya bakal digunakan...

10 Aplikasi Pengubah Suara Terbaru 2020 di Android

Telset.id - Pernah terpikir gak untuk mengubah suara asli hingga memiliki efek echo, mirip seperti robot, atau bahkan terdengar tegas dengan...
- Advertisement -