Coba Lihat! Foto Berwarna Ini Aslinya Hitam Putih

Telset.id, Jakarta  – Ada banyak rahasia di belakang otak manusia yang belum pernah terungkap. Itulah sebabnya ilusi optik sangat menarik karena bisa menipu otak kita untuk melihat hal-hal yang tidak seharusnya ada.

Ambil contoh satu set foto hitam dan putih yang bila dilapis dengan kisi-kisi warna dapat menipu mata dan otak manusia. Ketika melihatnya, Anda pun pasti berpikir bahwa foto tersebut memang berwarna. Padahal?

{Baca juga: Viral! Karya Seniman Turki Ini Mengaduk-aduk Emosi Netizen}

Foto yang viral itu dibuat oleh seniman dan pengembang Øyvind Kolås. Foto memperlihatkan sejumlah gadis yang sedang kumpul. Ia mengambil foto karya Chuwa (Francis) dan memodifikasinya untuk memberi ilusi warna.

Dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Jumat (2/8/2019), gambar tersebut adalah eksperimen visual/artistik yang dimainkan dengan kontras simultan. Kisi jenuh di gambar skala abu-abu dianggap mempunyai warna.

Ilmuwan visi Bart Anderson dari University of Sydney menjelaskan kenapa otak kita melihat apa yang dilihat. “Sistem warna disebut sebagai low pass, yaitu banyak bidang reseptif dengan kode warna cukup besar,” ucapnya.

Ia melanjutkan, grid mendapatkan “rata-rata’”dengan latar belakang achromatic, yang kemudian dikaitkan dengan bagian gambar. Kolas pun berencana untuk menambahkannya ke GIMP dalam pembaruan berikutnya.

{Baca juga: Netizen Temukan Penampakan Aneh di Foto Ini, Coba Tebak!}

“Lewat eksperiman yang dilakukan, foto yang pada dasarnya adalah hitam putih menjadi tampah berwarna. Padahal, secara visual, hanya ada penambahan kotak-kotak kecil berwarna-warni di sana,” pungkas Kolas. [SN/HBS]

Sumber: Ubergizmo

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0