Bikin Gemas, Konsep Robot Ini Mirip Baymax di Big Hero 6

Telset.id, Jakarta – Para ilmuwan sedang mencoba merancang robot dengan konsep mirip karakter Baymax yang populer di film Big Hero 6. Mereka ingin mengubah imej robot yang keras dan kaku, dengan mencoba mengembangkan robot lunak dengan bahan dasar yang fleksibel.

Maklum, selama ini sebagian besar robot masih terkesan keras dan kaku. Mayoritas robot memang terbuat dari logam, yang diyakini lebih awet dan kuat.

Seperti dilansir Ubergizmo, selain menggunakan bahan fleksibel, robot lunak ini pun ditenagai oleh tenaga yang bukan berasal dari listrik, tapi tekanan udara.

{Baca juga: Ford Bikin Robot Pengirim Barang, Ini Penampakannya}

Memang, penciptaan robot lunak di dunia bukanlah sesuatu yang mengejutkan. Telah banyak inovasi terkait hal itu. Cuma bedanya, robot lunak buatan peneliti dari Harvard tersebut punya pengoperasian lebih sederhana.

Dikutip Telset.id, Sabtu (08/06/2019), robot lunak buatan peneliti Harvard tak butuh banyak kabel. Sistem yang diterapkan pun sederhana. Dengan tenaga berupa tekanan udara, robot tersebut memiliki desain sangat minimalis.

Sistem kerjanya, udara akan terpompa melalui lubang pipa di kaki robot. Pipa-pipa itu mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Ukuran yang berbeda berguna untuk menentukan cara reaksi pipa terhadap tekanan udara.

{Baca juga: Robot Ini Berikan Sensasi Bermain Game VR}

Peneliti Harvard mengklaim, desain tersebut sangat ideal untuk robot yang tidak memungkinkan pemakaian kabel untuk pengoperasiannya. Sebagai misal robot di ruang angkasa atau robot untuk misi pencarian dan penyelamatan.

Belum lama ini, ada pula robot yang menawarkan sensasi berbeda bagi para pencinta game pertarungan Augmented Reality (AR). Robot itu bisa bertarung dengan manusia di kehidupan nyata saat bermain game Virtual Reality. (SN/FHP)

Sumber: Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Sah! Poco Resmi Pisah dari Xiaomi, Siapkan Poco F2

Telset.id, Jakarta - Setelah di tahun 2018 sempat disebut sebagai sub-brand Xiaomi, kini Poco akhirnya benar-benar resmi berpisah. Kabar...

Season 3 CoD Mobile Bawa Arena dan Mode Permainan Baru

Telset.id, Jakarta - Dirilis pada bulan Oktober 2019, game FPS Call of Duty Mobile terus melanjutkan kesuksesannya. Kini CoD...

Membuka Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus, Begini Caranya!

Telset.id,  Jakarta - Sebagian dari kita mungkin pernah dibuat penasaran oleh pesan WhatsApp yang tiba-tiba dihapus oleh pengirim, bahkan...

Louis Vuitton Garap Earphone TWS, Harganya Rp 14,8 Juta

Telset.id,  Jakarta - Earphone sepertinya tidak lagi  sekedar menjadi produk audio ataupun gadget. Lebih dari itu,  ini juga sudah...

Teknologi Layar Baru OnePlus Bisa Ubah 30FPS Ke 120FPS

Telset.id,  Jakarta - Smartphone dengan refresh rate layar tinggi akhir-akhir ini menjadi semakin populer. Tak mau ketinggalan, OnePlus pun...
- Advertisement -