Huawei Dilaporkan Garap 10 Proyek Militer China

Telset.id, Jakarta – Huawei kembali diterpa isu miring. Baru-baru ini brand asal China itu dilaporkan sedang mengerjakan setidaknya 10 proyek militer China.

Para karyawan Huawei disebut-sebut mengembangkan teknologi di bidang komunikasi. Dilansir Telset.id dari AsiaOne pada Senin (01/07/2019), isu ini bermula dari laporan Bloomberg.

Media tersebut melaporkan jika karyawan Huawei telah mengerjakan setidaknya 10 proyek penelitian dengan berbagai cabang militer China selama 1 dekade terakhir. Proyek ini meliputi pengembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan komunikasi radio.

Dua bulan lalu, CIA juga menuduh jika Huawei didanai oleh Komisi Keamanan Nasional China, Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dan cabang ketiga dari jaringan intelijen negara Tiongkok.

{Baca juga:  AS akan Larang Pemakaian Produk Huawei dan ZTE}

Namun, isu tersebut langsung dibantah oleh Huawei dan juga Kementerian Pertahanan China. Juru bicara Huawei, Joe Kelly mengatakan bahwa mereka tidak memiliki kolaborasi dengan lembaga-lembaga yang terkait dengan PLA.

Selama ini, Huawei hanya mengembangkan dan mempublikasikan penemuannya untuk kepentingan masyarakat sipil bukan militer.

“Huawei hanya mengembangkan dan memproduksi produk komunikasi yang sesuai dengan standar sipil di seluruh dunia, dan tidak menyesuaikan produk R&D untuk militer,” kata Joe.

Juru bicara kementerian pertahanan China, Ren Guoqiang juga buka suara. Selama ini mereka tidak mengomentari penelitian akademis termasuk penelitian dari Huawei.

“Huawei adalah perusahaan swasta yang telah berkembang sendiri. Tidak ada yang disebut latar belakang militer Cina,” jelasnya..

{Baca juga: Pentagon Larang Militer AS Pakai Ponsel Huawei dan ZTE}

Isu jika Huawei bekerja sama dengan pemerintah China sudah terdengar sejak tahun lalu. Saat itu Pemerintah Amerika Serikat (AS) yakin bahwa Huawei dan ZTE memiliki perjanjian khusus dengan pemerintah China. Mereka menduga perangkat Huawei dan ZTE diprogram untuk memonitor konsumen dan perusahaan asal AS. (NM/FHP)

Sumber: AsiaOne

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Rekomendasi 10 Game Anak-anak Terbaik di Android 2020

Telset.id, Jakarta - Smartphone dan gaming sepertinya telah menjadi hal yang sulit dipisahkan belakangan ini. Kini, bahkan anak-anak memanfaatkan...

Sony Gelar Acara 3 Juni, Siap Pamerkan PlayStation 5?

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat diumumkan pada tahun lalu, Sony PlayStation 5 sepertinya hanya tinggal menunggu waktu untuk hadir...

Barisan Smartphone Huawei dengan EMUI 10.1, Ada Huawei P30!

Telset.id, Jakarta – Jajaran produk Huawei P40 datang dengan EMUI 10.1, yang merupakan versi terbaru dari perangkat lunak EMUI...

Cara Menggunakan Layanan VoLTE Telkomsel

Telset.id, Jakarta - Seiring dengan semakin matangnya 4G, penerapan teknologi Voice over LTE (VoLTE) pun menjadi hal yang lumrah...

Siap-siap! Oppo Reno4 dan Reno4 Pro Meluncur 5 Juni

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat wara-wiri di dunia maya, menampilkan baik rupa maupun spesifikasinya, Oppo Reno4 akhirnya benar-benar mengisyaratkan...
- Advertisement -