Pakai Power Strips untuk Banyak Perangkat? Begini Aturannya

Telset.id, Jakarta – Menjaga semua perangkat elektronik dalam keadaan siaga sepanjang waktu dengan menggunakan power strips, sama saja dengan membuang banyak energi. Namun, ada beberapa perangkat yang tidak boleh dimatikan sepenuhnya. Perangkat apa saja?

Banyak orang menggunakan kabel daya (power strips) sehingga banyak perangkat dapat dinyalakan dan dimatikan sekaligus. Ini juga merupakan cara yang sangat berguna untuk mengurangi biaya energi.

Tetapi perangkat yang harus tetap terhubung setiap saat, seperti TV OLED, harus dicolokkan secara terpisah. Sebab, TV OLED harus tetap dalam keadaan siaga karena sering memperbaharui perangkat lunak dalam semalam, untuk memastikan layar dalam kondisi terbaik setiap saat.

{Baca juga: Mengerikan! Keseringan Main Ponsel Bisa Ubah Bentuk Kepala}

Perangkat lain yang perlu tetap terhubung adalah printer inkjet. Sebab, mereka secara otomatis melakukan proses pembersihan yang menghabiskan energi setiap kali mereka dihidupkan kembali.

Sebagian besar elektronik yang perlu tetap terhubung dan dalam kondisi siaga biasanya memiliki informasi dalam buku petunjuk pemakaian. Sehingga, selalu pastikan anda membacanya sebelum menggunakannya. [BA/HBS]

Sumber: The Star

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI