Kecanduan Ponsel, Balita Ini Rabun Dekat

Telset.id, Jakarta – Balita berusia dua tahun asal China menderita rabun dekat karena kecanduan ponsel. Orangtua si balita tersebut mengizinkannya bermain ponsel setiap hari selama satu tahun.

Balita perempuan bernama Xiao Man dari provinsi Jiangsu itu, baru-baru ini, didiagnosis menderita miopia parah setelah sang ayah dan ibu memutuskan untuk membawanya ke dokter.

Bocah tersebut dilaporkan mulai menonton berbagai tayangan di ponsel sejak masih berusia satu tahun. Orangtuanya tidak disiplin, mengizinkannya menggunakan ponsel dalam waktu lama.

Orangtua Xiao Man beralasan, dikutip Telset.id dari New York Post, Senin (17/6/2019), membiarkan bermain ponsel dalam waktu lama merupakan cara terbaik untuk membuatnya tetap diam.

Namun, suatu ketika, mereka memperhatikan sang anak memicingkan mata ke layar. Bahkan, anak itu kerap mengernyit saat menonton acara TV. Ia ketahuan pula sering menggosok matanya.

Semula, mereka menganggapnya sebagai kebiasaan buruk. Namun, lama-kelamaan, mereka khawatir terhadap perangai si anak. Mereka lantas buru-buru membawanya ke dokter.

Si balita didiagnosis menderita miopia parah. Ayah dan ibunya diberi tahu bahwa kondisi sang anak cukup serius dan tidak dapat dipulihkan, Bahkan, kondisinya bisa memburuk saat tumbuh dewasa.

Mereka juga diberitahu bahwa sang anak membutuhkan kacamata dengan kekuatan -9 dioptres. Kacamata berkekuatan fokus lensa seperti itu diperlukan untuk memperbaiki penglihatannya.

Dr Liu Wei dari Pusat Layanan Perawatan Ibu dan Anak Yangzhou mengatakan, kasus balita perempuan menderita rabun dekat disebabkan penggunaan perangkat elektronik secara lama.

April 2019, WHO merekomendasikan anak di bawah usia satu tahun tidak boleh terpapar layar elektronik. Anak berusia antara dua tahun dan empat tahun tidak lebih dari sejam menatap layar. (SN/HBS)

NY Post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Telkomsel Ikut Ramaikan Konser Head in The Clouds

Telset.id, Jakarta – Musisi bertaraf internasional seperti Rich Brian, NIKI, Stephanie Poetri, hingga Joji akan menyapa para penggemarnya di...

Waduh! Link Group WhatsApp Muncul di Pencarian Google

Telset.id, Jakarta – Bagi Anda pengguna WhatsApp kini harus berhati-hati mengundang orang ke Group WhatsApp dengan membagikan link. Pasalnya,...

Wakil Indonesia Jadi Runner Up di Imagine Cup Asia 2020

Telset.id, Jakarta - Tim Tulibot asal Indonesia berhasil meraih posisi runner-up di ajang Imagine Cup Asia 2020. Pencapaian ini...

Siap Manjakan Gamers, Segini Harga Asus ROG Theta 7.1

Telset.id, Jakarta - Melengkapi jajaran aksesoris gamingnya, Asus resmi mengumumkan kehadiran headset gaming berjuluk ROG Theta 7.1. Dijejali banyak...

Review Samsung Galaxy A71: Ada Harga, Ada Performa!

Telset.id, Jakarta - Samsung membuka tahun 2020 dengan meluncurkan Samsung Galaxy A51 dan Galaxy A51. Kedua smartphone ini cukup...
- Advertisement -