Gunakan Kode Rahasia, Instagram Uji Fitur Pulihkan Akun

Telset.id, Jakarta Instagram menguji fitur pemulihan akun yang lebih mudah. Dengan memberikan kode rahasia kepada Anda, fitur tersebut akan menyulitkan peretas dan Anda bisa mengambil akun kembali.

Dilansir Telset.id dari Engadget pada Senin (17/06/2019) Instagram sedang menguji proses pemulihan akun dalam yang bisa Anda lakukan hanya melalui aplikasi.  Saat Anda harus menunggu email atau mengisi formulir dukungan, Instagram akan menanyakan berbagai jenis info seperti alamat email atau nomor telepon asli Anda.

Anda akan mendapatkan kode rahasia sebanyak enam digit yang dikirim ke info kontak pilihan Anda. Dari sana Instagram akan mencegah peretas menggunakan kode email atau nomor telepon untuk mengambil alih akun Anda dari perangkat lain. Metode baru ini akan memastikan bahwa Anda dapat memulihkan akun Anda bahkan jika penyusup telah mengubah nama pengguna dan data kontak.

{Baca juga: Instagram Down Bukan Gara-gara Pembatasan Medsos Kominfo}

Sayangnya tidak pasti kapan fitur pemulihan akan tersedia secara luas, meskipun penguncian nama pengguna tersedia untuk semua pengguna Android dan iOS.  Instagram berharap Anda pada akhirnya dapat memulihkan akun sepenuhnya di dalam aplikasi, daripada bersandar pada tim keamanan.

Sebelumnya Instagram tahun lalu tanpa sengaja telah membeberkan password beberapa pengguna kepada publik. Hal ini terjadi karena adanya masalah bug yang mengakibatkan privasi pengguna menjadi terancam.

Dilansir Telset.id dari The Verge, Minggu (18/11/2018), pihak Instagram telah memberi tahu ke beberapa pengguna bahwa password mereka mungkin telah terpapar karena bug keamanan. Seorang juru bicara Instagram bahkan mengatakan jika masalah tersebut ditemukan secara internal dan mempengaruhi sejumlah kecil orang.

{Baca juga: Gara-gara Bug, Instagram Beberkan Password Pengguna?}

Pihak Instagram pun mencari sumber dari bug tersebut. Mereka menemukan bahwa bug itu terkait dengan fitur terbaru mereka yang diluncurkan pada bulan April lalu. Fitur yang dimaksud adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh semua data mereka.

Sumber: Engadget

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI