Trafik Internet XL Melonjak 57% Selama Libur Lebaran

Telset.id, Jakarta – Operator seluler XL Axiata (XL Axiata) berhasil melalui masa krusial periode libur Lebaran 2019 dengan performa yang baik. Bahkan trafik Internet melonjak sekitar 57% dibandingkan Lebaran tahun lalu.

Sedangkan jika dibandingkan dengan hari biasa juga terjadi peningkatan layanan data hingga 24% ketika lebaran 2019 kemarin. Selain ada trafik layanan SMS juga meningkat sebesar 3% dan layanan voice cenderung mengalami penurunan.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan hal yang paling krusial selama libur lebaran adalah menyediakan layanan berkualitas yang merupakan kombinasi antara jaringan dengan performa tinggi dan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

“Jika kami bisa memastikan semua berjalan baik, maka pelanggan akan nyaman dan trafik dengan sendirinya juga meningkat” kata Yessie.

{Baca juga: Pendapatan XL Axiata di Q1 2019 Naik 9%}

Berdasarkan pusat monitoring jaringan XL, kenaikan trafik tertinggi berada di wilayah-wilayah yang menjadi tujuan mudik. Jepara menjadi kota dengan trafik tertinggi dengan naik 137% dibanding hari biasa, disusul oleh Kuningan dengan 102% dan Kabupaten Pemalang yaitu 83%.

Di Kalimantan trafik tertinggi dimiliki oleh Kabupaten Kutai Kartanegara dengan kenaikan 79% kemudian Kota Tanah Laut yang naik 51% dan Balikpapan 40%. Sementara di Sulawesi, trafik data di Kabupaten Pinrang mengalami kenaikan tertinggi dengan 81% dan Kota Manado naik 16%.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Tim Telset.id pada Senin (10/06/2019) lonjakan trafik data juga berpengaruh pada penggunaan aplikasi layanan di smartphone.  Trafik layanan pesan berbasis data seperti WhatsApp, LINE dan sebagainya rata-rata mengalami peningkatan 48%.

{Baca juga: Siapkan Capex Rp 7,5 Triliun, Ini Target XL Axiata}

Kemudian trafik di layanan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram  juga meningkat 22% dan trafik data di aplikasi games juga menanjak sebesar 15% dibandingkan hari biasa.  Ada juga peningkatan trafik di Waze sebesar 93%, Spotify 8% dan Netflix 77%. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI