Microsoft Siapkan Controller Xbox Khusus Tunanetra

Telset.id, Jakarta –  Microsoft mendaftarkan paten desain controller Xbox untuk gamer tunanetra. Berdasarkan dokumen paten yang diserahkan oleh Microsoft, desain controller Xbox bakal memiliki huruf Braille.

Menurut Inverse, desain controller Xbox ber huruf Braille memiliki nama haptic vrailler chording capability. Gamer tunanetra bisa merancang fungsi controller sesuai keinginan lewat bantuan huruf Braille.

Nantinya, di controller itu terdapat aksesoris berupa paddle. Paddle bisa digunakan untuk mengetik teks menjadi sebuah kombinasi huruf Braillle. Paddle bisa pula membaca huruf Braille yang diterjemahkan dari teks.

Dokumen paten Microsoft mengungkap pula keberadaan fitur untuk mengubah audio atau kalimat yang diucapkan gamer ke dalam huruf Braille yang juga bisa terbaca di controller Xbox. Dengan begitu gamer difabel mudah memainkan game fighting.

Baru-baru ini, Microsoft menghadirkan pembaruan perangkat lunak untuk konsol Xbox One. Pembaruan Mei 2019 ini menghadirkan beberapa fitur baru. Satu di antaranya, pengguna bisa kepo, melihat apakah teman sedang bermain game di PC atau Xbox One.

Dalam pembaruan tersebut, menurut laporan Ubergizmo, ada pula perbaikan layanan yang bisa mempermudah pengguna dalam menemukan game dan aplikasi di konsol. Game dan aplikasi sekarang diurutkan berdasarkan kategori sehingga lebih mudah ditemukan.

Seperti dikutip Telset.id, Jumat (17/05/2019), daftar teman dasbor di Xbox sekarang akan menampilkan ikon baru. Gunanya, untuk mengidentifikasi apakah teman-teman mereka tengah bermain game menggunakan konsol, PC, atau perangkat seluler.

Penambahan ikon-ikon baru juga digadang bakal bisa mencegah pengguna mencoba mengundang orang lain ke game yang tidak memungkinkan untuk diakses melalui PC dan konsol. Pun demikian dengan peningkatan kemampuan layanan lainnya.

Sumber: universe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Benarkah Tabrakan Galaksi Pacu Pembentukan Tata Surya?

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan mengemukakan bahwa peristiwa tabrakan dalam skala kolosal berupa jatuhnya dua galaksi kemungkinan telah membuka...

Rekomendasi 10 Aplikasi Karaoke Terbaik Android 2020

Telset.id, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat banyak tempat karaoke ditutup sementara. Tetapi bagi Anda yang hobi bernyanyi atau karaoke...

China Siap Balas Kanada Menyoal Putusan Ekstradisi Bos Huawei

Telset.id, Jakarta - Putusan pengadilan yang mengizinkan ekstradisi bos Huawei, Meng Wanzhou, ke Amerika Serikat (AS) pada Rabu (27/5/2020)...

Muncul di Kelas Zoom Anaknya Sambil Telanjang, Ibu Ini Ngakak

Telset.id, Jakarta  - Seorang ibu tiga anak asal Jacksonville, Florida, AS, Ashley Foret Smith, secara tidak sengaja membuat penampakan...

Benarkah iPhone 12 Bakal Hadir dengan Warna Navy Blue?

Telset.id, Jakarta - Apple disebut-sebut akan menghilangkan warna Midnight Green di iPhone 12, untuk kemudian diganti dengan Navy Blue....
- Advertisement -