Google Kenalkan Aneka Fitur Penunjang Ibadah Ramadan

Telset.id, Jakarta – Google memperkenalkan aneka fitur untuk menunjang aktivitas ibadah di bulan Ramadan. Fitur-fitur tersebut bisa membantu pengguna mengenai informasi jadwal sholat, arah kiblat dan aneka fitur lainnya.

Menurut Product Marketing Manager Google Indonesia, Ridzky Novasandro terdapat dua fitur Ramadan di Google Search. Pertama adalah Jadwal Salat. Informasi Jadwal Salat di Google Search semakin praktis.

Pengguna cukup mencari melalui kata kunci seperti Ramadan, Bulan Ramadan atau Puasa. Hasilnya akan muncul informasi jadwal salat pada hari itu dan sesuai dengan lokasi tempat pengguna tinggal. Selain itu pengguna juga dapat melihat jadwal dalam 30 hari kedepan mulai dari Subuh hingga Isya.

“Ini adalah informasi mengenai  Jadwal Salat 5 waktu mulai dari shubuh sampai Isya dan sesuai dengan lokasi kita,” kata Sandro di Jakarta, Kamis (16/05/2019).

{Baca juga: Aktivitas Googling Naik 40% di Bulan Ramadhan}

Fitur kedua adalah Arah Kiblat atau Qibla Finder. Fitur ini cocok bagi pengguna yang  sering berada dalam perjalanan atau sedang berada di tempat baru. Biasanya pengguna kesulitan untuk mengetahui arah kiblat apalagi tidak ada masjid atau mushola di sekitar mereka.

Fitur Qibla Finder hadir untuk menjawab masalah tersebut. Menurut Sandro, Qibla Finder menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi AR akan terhubung dengan kamera ponsel, untuk nantinya akan menampilkan petunjuk arah kiblat berupa panah.

Pengguna bisa mengarahkan ponsel mereka ke panah tersebut sampai akhirnya menemukan arah kiblat yang sebenarnya. “Melalui teknologi Augmented Reality maka arah kiblat benar-benar ditunjukan sehingga lebih mudah,” ucap Sandro.

Selain Google Search, fitur Google Assistant juga bisa digunakan untuk membantu pengguna menjalani ibadah di bulan Ramadan. Google Assistant akan membantu pengguna untuk mengetahui informasi dan mengatur aktivitas saat Ramadan.

{Baca juga: Warganet Diprediksi Makin Getol Unggah Stories di Bulan Ramadhan}

Menurut Sandro bisa membantu pengguna untuk bangun pagi untuk sahur. Caranya pengguna cukup mengucapkan “Ok, Google. Bangunin sahur jam 3 pagi,” maka Google Assistant akan mengaktifkan alarm di ponsel yang akan berbunyi di pukul 03.00 pagi waktu setempat.

“Dengan mengatakan bangunin sahur jam 3 pagi maka alarmnya akan terpasang,” tutup Sandro. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI