PING!!! Layanan BBM Resmi Tamat pada 31 Mei 2019

Telset.id, Jakarta – Setelah dalam tiga tahun terakhir terkesan “hidup segan mati tak mau”, layanan BlackBerry Messenger (BBM) akhirnya mengambil keputusan untuk menghentikan layanan BBM pada 31 Mei 2019.

“Hari ini kami mengumumkan bahwa BBM akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019,” demikian tulis keterangan yang Telset.id kutip dari blog BBM, Kamis (18/4/2019).

Pihak BBM juga menjelaskan alasan kenapa mereka akhirnya mengambil keputusan untuk mempensiunkan aplikasi messaging yang sempat sangat popular di Indonesia itu.

Menurut mereka, selama tiga tahun terakhir adalah masa-masa yang sangat sulit. Meski telah memperbaharui BBM dengan menghadirkan layanan lintas-platform, namun tetap tidak bisa membangkitkan kembali BBM ke masa kejayaannya.

{Baca juga: Tahun Ini BlackBerry Tidak Luncurkan Ponsel Baru}

“Kami telah mencurahkan hati dan tenaga kami untuk mewujudkannya, dan kami bangga atas apa yang telah berhasil kami capai hingga saat ini,” sebut BBM

“Namun, tak dapat dipungkiri, industri teknologi begitu dinamis. Walau kami telah mengerahkan berbagai upaya, banyak pengguna memilih beranjak ke platform lain, sementara pengguna baru sulit untuk didapat,” tulis BBM.

Setelah memastikan layanan messaging mereka akan segera tamat, BBM pun mengucapkan terima kasih pada para pengguna, mitra, dan karyawannya, yang telah menjadi bagian dari BBM selama ini.

“Walaupun berat, kini telah tiba waktunya untuk kami pun beranjak. Dukungan Anda sangat berarti bagi kami,” kata BBM.

“Kami harap Anda akan terus mengenang berbagai memori indah bersama BBM yang telah turut membentuk masa depan platform pesan instan hingga hari ini,” demikian pernyataan BBM menutup salam perpisahannya.

{Baca juga: Seperti WhatsApp, BBM juga Bisa Lewat Dekstop}

Layanan BBM sendiri sempat sangat populer di Indonesia di awal tahun 2000an. Saking populernya, Indonesia sempat dijuluki sebagai “Negeri BBM”, karena memiliki jumlah pengguna terbanyak di dunia.

Tapi setelah kemunculan beberapa aplikasi instant messaging baru sepereti WhatsApp, Facebook Messenger, Line, dll, pamor BBM pun akhirnya meredup. Kini layanan yang kini bernaung di bawah grup Emtek itu akhirnya akan benar-benar tamat pada 31 Mei 2019 nanti. Selamat tinggal, BBM. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI