Malaysia akan Pamer Mobil Otonom dengan Jaringan 5G

Telset.id, Jakarta – Jaringan 5G tak lama lagi akan diperkenalkan di Malaysia. Perusahaan telekomunikasi, Malaysia Celcom Axiata berencana untuk memamerkan kemampuan mobil otonom yang menggunakan jaringan 5G.

Dilansir Telset.id dari Mashable pada Senin (08/04/2019), Celcom Axiata telah lama membangun jaringan 5G di Kota Putrajaya, Malaysia.

Operator terbesar di Negeri Jiran ini bekerja sama dengan pabrikan Proton yang merancang mobil otonom dengan klasifikasi Otonomi Tingkat 3.

Pihak Celcom mengatakan bahwa mereka ingin mendemonstrasikan mobil otonom untuk menunjukkan keunggulan yang ditawarkan dari jaringan 5G.

Nantinya mereka juga akan memamerkan teknologi dengan memanfaatkan 5G seperti Drone, Video Holografik dan teknologi Virtual Reality (VR) dengan kualitas 4K. Pemerintah Malaysia pun mendukung rencana tersebut.

Chief Digital Officer of the Malaysian Communications and Multimedia Commission  (MCMC) Gerard Lim, mengatakan bahwa Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad akan menaiki mobil 5G tersebut ke lokasi acara.

{Baca juga: Malaysia Tidak Haramkan Game PUBG}

Rencana Pameran akan dilkaukan pada tanggal 20 dan 21 April di Komplek Perbadanan Putrajaya, Malaysia dan akan dibuka untuk umum. Memang tahun ini nampaknya menjadi tahun bagi jaringan 5G karena perusahaan telekomunikasi mulai membangun jaringan tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.

Sebelumnya perusahaan telekomunikasi dan jalan bebas hambatan di China telah sepakat untuk meluncurkan proyek jalan raya pintar berbasis 5G pertama. Lokasinya di provinsi Hubei tengah.

Cabang China Mobile Hubei merencanakan lokasi untuk stasiun pangkalan 5G di seluruh bagian jalan raya. Mereka akan melakukan tes stasiun tol pintar dan kendaraan otonom berbasis 5G di jalan raya lokal.

{Baca juga: China Bangun Jalan Tol Pintar Berjaringan 5G}

Dikutip Telset.id dari India Times, Senin (18/2/2019), jaringan 5G alias nirkabel generasi kelima menjanjikan kecepatan dan kemampuan menghubungkan banyak perangkat ke internet tanpa hambatan.

Sumber: Mashable

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI