Viral, Seorang Jurnalis Wanita Bungkam “Predator” di Pesawat

Telset.id, Jakarta – Seorang jurnalis wanita bernama Joanna Chiu mendadak viral setelah aksinya menghentikan pelecehan yang dilakukan seorang “predator” di dalam pesawat yang ditumpanginya.

Jurnalis The Star Vancouver ini mencatat sebuah insiden pelecehan yang terjadi dalam penerbangan dari Toronto ke Vancouver.

Chiu menulis pengalamannya ini dalam sebuah thread di Twitter, sebelum akhirnya dia menuliskannya dalam bentuk artikel di media.

Kala itu, seperti dilaporkan Whatstrending, Chiu duduk di barisan dimana di depannya seorang gadis remaja duduk bersama seorang pria berusia tiga puluhan. Keluarga remaja itu duduk di tempat lain di pesawat.

Chiu memperhatikan situasi sejak awal. Termasuk ketika sang pria mulai bertanya tentang rencana masa depan si remaja, terkait karir dan sebagainya.

{Baca juga: Dari Lucu Sampai Bikin Ngeri, Yuk Intip 7 Postingan Tumblr Ini!}

“Dia (remaja) ramah dan pria itu tampaknya menganggap ini sebagai isyarat sambutan untuk menjadi sangat akrab dan mulai menggodanya dan terus mengatakan bahwa dia ingin mengajaknya makan, yang diabaikan oleh si remaja. Pada titik ini, saya harus tetap terjaga, kalau-kalau ada yang lebih dari itu,” kata Chiu.

Chiu sendiri awalnya berharap untuk bisa tidur di pesawat, namun insiden ini membuatnya mengurungkan niat.

Dan benar saja, sang pria mulai bersandar lebih dekat dengan remaja itu dan meminta foto-foto aneh. Chiu kemudian membisikkan sesuatu padanya – tentang bagaimana ia menilai pria itu, dan sang pria pun langsung beranjak pergi ke kamar kecil tanpa mengucap sepatah katapun.

{Baca juga: Banyak Akal! Programmer Langsung jadi Selebgram “Ngetop” Berkat AI}

Untungnya, Chiu bukan satu-satunya orang yang sadar dengan potensi pelecehan ini. Beberapa penumpang lain, juga wanita, mulai angkat angkat suara. Membuat kru pesawat akhirnya bertindak.

Setelah mendapat keterangan dari beberapa saksi mata lainnya, kru pun memaksa si pria untuk pindah tempat duduk. Awalnya permintaan ini ditolak. Sang pria bahkan sempat memaki, namun kru pesawat – yang juga seorang wanita, dengan tegas mengatakan bahwa pesawat bisa saja mendarat darurat jika ia terus menolak.

Akhirnya, sang pria bersedia pindah tempat duduk. Sementara kru pesawat memastikan bahwa remaja tadi baik-baik saja.

Dalam tulisannya, meski mengaku kagum dengan kru pesawat yang berhasil menangani insiden ini dengan sangat baik, namun ia merasa prihatin lantaran selama kejadian berlangsung, tak satu pun penumpang pria buka suara.

“Pria juga perlu mencari cara untuk ‘melihat hal-hal mengerikan’ di sekitarnya dan juga bisa membantu mencegah pelecehan atau serangan. Sangat menyebalkan mengetahui ada seorang predator di luar sana yang bertindak seolah-olah mereka tidak tahu bahwa apa yang mereka lakukan salah,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Anak-anak Kecanduan Main TikTok? Begini Cara Mencegahnya

Telset.id, Jakarta - TikTok rupanya tak ingin pengguna terus-terusan TikTok-an tanpa mengenal waktu. Alhasil, media sosial yang tengah booming dan...

Twitter Tandai Kicauan Hoaks yang Diunggah Warganet

Telset.id, Jakarta - Twitter saat ini tengah mencoba fitur baru untuk mencegah berita hoaks di platform. Fitur baru Twitter ini nantinya...

Cara Tambahkan Watermark pada Foto di Smartphone Android

Telset.id - Menambahkan watermark di foto merupakan hal yang selalu dilakukan oleh para fotografer. Biasanya, untuk tambahkan watermark pada foto...

Grab Dapat Modal Rp 9,7 Triliun dari Mitsubishi UFJ

Telset.id,Jakarta - Grab dilaporkan telah menerima investasi sebesar USD 700 juta atau setara Rp 9,7 triliun dari perusahaan perbankan...

Fitur Unik Android 11: Ketuk Body untuk Aktifkan Assistant

Telset.id, Jakarta - Suksesor Android 10, yakni Android 11 diharapkan akan diperkenalkan Google di tahun ini dengan membawa beragam fitur...
- Advertisement -