Makin Lengkap, Apple Watch 2020 punya Pelacak Waktu Tidur

Telset.id, JakartaSmartwatch Apple Watch kali pertama hadir pada 2015. Kehadirannya membantu pengguna dalam memantau kesehatan, termasuk ketika sedang berolahraga. Namun, dari sekian fungsi yang tersedia, smartwatch itu tidak memiliki fitur pelacak waktu tidur alias sleep tracking.

Tampaknya, Apple berencana untuk menyediakan fitur ini di Apple Watch generasi berikutnya. Menurut The Verge, dikutip Telset.id, Rabu (27/02/2019), Apple sekarang sedang menguji fitur pelacak waktu tidur di Apple Watch.

Jika pengujian sukses, fitur tersebut akan hadir di seri smartwatch terbarunya yang dirilis pada 2020 mendatang. Fitur pelacak waktu tidur juga akan melengkapi fitur yang hadir sekarang, yakni fitur Elektrokardiogram dan deteksi olahraga otomatis.

{Baca juga: Produk Identik dengan Harga Mahal, Begini Penjelasan COO Apple}

Saat ini, pengguna memang bisa melacak waktu tidur via Apple Watch, tetapi harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Apple sengaja tidak menanamkan fitur itu karena keterbatasan daya baterai.

Apple menyatakan, pengguna bisa menggunakan Apple Watch selama satu hari penuh sebelum mengisi baterai pada malam hari. Namun, baterai smartwatch tersebut tidak bisa bertahan lama kalau ada fitur pelacak tidur.

Beberapa produk serupa buatan perusahaan lain, semisal Fitbit Versa dan Withings Steel Hybrid Smartwatch, bisa digunakan untuk melacak waktu tidur pengguna. Sebab, daya baterai keduanya tahan sangat lama.

Jika Apple benar-benar menambahkan fitur pelacak waktu tidur, fungsi smartwatch-nya akan menjadi semakin lengkap, dan dipastikan akan memiliki kapasitas baterai yang jauh lebih besar.

{Baca juga: Terjatuh dan Pingsan, Pria Paruh Baya Diselamatkan Apple Watch}

Sekadar informasi, baterai smartwatch Apple terbaru, Apple Watch Series 4 ternyata mempunyai kapasitas lebih rendah daripada model sebelumnya. Terungkap, Apple Watch Series 4 dengan model 44mm ternyata dibekali baterai 1,12 Wh, sementara untuk model 40mm, digunakan baterai 0,86 Wh.

Sebagai perbandingan, Apple Watch Series 3 model 42mm dan 38mm membawa daya baterai 1,34 Wh dan 1,07 Wh. Sehingga jika dikalkulasi, kapasitas baterai Apple Watch Series 4 model 44mm mengalami penurunan sampai 16,5 persen, sedangkan untuk 40mm sebesar 19,7 persen. (SN/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI