Qualcomm Tunjuk Samsung jadi Pembuat Chipset 5G

Telset.id, Jakarta – Sepanjang tahun lalu, telah banyak perusahaan teknologi yang berbicara soal teknologi 5G. Salah satunya adalah Qualcomm yang bahkan langsung memperkenalkan modem berkemampuan 5G pertama untuk smartphone bernama X50.

Demi mewujudkan kemampuan 5G sesungguhnya pada sebuah smartphone, akhirnya Qualcomm pun menunjuk Samsung sebagai vendor yang akan memproduksi chipset berukuran 7nm yang akan disematkan modem 5G X50.

Penunjukkan untuk membuat chipset 5G itu disebabkan karena Samsung telah memiliki teknologi pembuatan chipset 7nm berbasis Low Power Plus (LPP) yang menggunakan teknologi Extreme Ultraviolet (EUV).

“Kami sangat antusias utnuk memulai industri mobile 5G bersama dengan Samsung. Dengan menggunakan 7nm LPP EUV, chipset mobile Snapdragon 5G generasi baru kami akan memanfaatkan peningkatan proses dan desain chip yang canggih untuk meningkatkan pengalaman pengguna dari perangkat masa depan mereka,” jelas Senior VP Supply Chain Qualcomm, RK Chunduru, seperti dikutip dari Android Central, Jumat (23/02/2018).

[Baca juga: Qualcomm Snapdragon 855 Akan Menggunakan Chipset 7nm]

Lewat teknologi 7nm LPP EUV, ukuran chipset otomatis akan diperkecil dan akan menyediakan ruang lebih besar di dalam board smartphone nantinya.

Tentu saja, dengan tersedianya “ruang sisa” yang cukup besar, vendor smartphone kemungkinan akan memanfaatkannya untuk memberikan baterai yang lebih besar atau bajlan membuat smartphone menjadi jauh lebih tipis.

Selain akan berpengaruh pada ukuran smartphone, kemampuan chipset juga akan meningkat sebesar 10% dengan konsumsi daya baterai 35% lebih rendah dibandingkan chipset dengan teknologi 10nm.

“Kami senang untuk melanjutkan kerjasama kami dengan Qualcomm untuk teknologi 5G menggunakan teknologi EUV kami,” kata Executive VP of Foundry Sales Samsung, Charlie Bae.

[Baca juga: 18 Vendor Pastikan Gunakan Chipset 5G Qualcomm]

Namun dalam kerjasama ini, Samsung dan Qualcomm tidak langsung membenamkan modem X50 pada chipset terbaru Qualcomm dengan teknologi 7nm di tahun ini.

Itu karena mereka lebih memilih untuk menyematkan terlebih dahulu modem X24 yang juga terdapat pada prosesor Snapdragon 845 untuk chipset terbaru Qualcomm di tahun 2018.

Sementara chipset Snapdragon yang telah memiliki modem X50 di dalamnya, dikabarkan baru akan dipamerkan pada tahun 2019 mendatang. Qualcomm sendiri saat ini tengah mempersiapkan rencana 5G selanjutnya di ajang Mobile World Congress 2018 mendatang. (FHP/HBS)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI