Mengenal 9 Inovasi Oppo dalam Memperkaya Ranah Fotografi

Telset.id, Jakarta – Oppo selalu mengandalkan teknologi kamera di semua lini smartphone-nya. Ada 9 inovasi Oppo yang sudah dihadirkan untuk memperkaya ranah fotografi.

Ibarat sayur tanpa garam, demikian pula smartphone tanpa kemampuan fotografi – syukur-syukur yang mumpuni, terasa tidak lengkap. Apalagi di era digital seperti sekarang ini.

Oppo sebagai sebuah perusahaan yang tak hanya membesut perangkat tetapi juga teknologi, sepertinya sadar betul akan hal itu. Bahkan mungkin sejak jauh-jauh hari.

Nah, jika dahulu sekedar memotret saja sudah lebih dari cukup, teknologi yang lebih canggih kini dikembangkan untuk membuat smartphone kian unggul di ranah fotografi.

Mulai dari Beauty Selfie hingga 10x Lossless Zoom, berikut 9 inovasi Oppo demi yang dikembangkan untuk membuat fotografi smartphone lebih baik.

Beauty Selfie 

OPPO untuk pertama kalinya memperkenalkan fitur percantik wajah pada kamera depan dengan meluncurkan perangkat Oppo U like 2 pada 2012 .

Dengan fitur ini, pengguna bisa mendapatkan foto dengan wajah yang tirus dan kulit yang lebih halus.

Tahun 2017, era kecerdasan buatan tak kalah digeluti Oppo. Pabrikan asal China ini pun menyematkan teknologi ini di fitur percantik wajah miliknya.

Adalah R11, perangkat pertama yang tercatat memiliki kemampuan untuk mengenali wajah pengguna berdasarkan jenis kelamin, usia, warna kulit dan jenis kulit untuk fitur percantik wajah yang lebih cerdas.

inovasi oppo

{Baca juga: Berkualitas! Ini Hasil Foto Smartphone Oppo dengan 10x Lossless Zoom}

Pada 2018, saat perilisan Find X, Oppo kembali menanamkan teknologi 3D Structured light untuk fitur-fitur swafoto cantik dan foto portrait secara 3 dimensional.

Pure Image Engine

Pure image technology pertama kali dirilis pada tahun 2013 melalui perangkat Oppo N1. Teknologi ini kemudian diperbarui ke versi 2.0 melalu perangkat Find 7 di tahun 2014.

Dengan teknologi Pure Image 2.0, perangkat Oppo Find 7 dapat secara otomatis menyesuaikan skema warna dengan kondisi saat mengambil foto.

Dikombinasikan dengan inovasi teknologi yang terdapat pada Find 7, Pure Image 2.0 dapat menghasilkan foto berkualitas tinggi melalui fitur Ultra HD.

Fitur ini dapat menghasilkan foto dengan detail tinggi dengan mengkombinasikan beberapa foto menjadi foto High Definition.

Rotating Camera

Saat pertama kali dirilis, Oppo N1 memiliki kamera putar 206 derajat. Kamera ini menyajikan prespektif baru pada fotografi smartphone dengan flexibilitasnya pada sudut pengambilan gambar.

Kamera putar memiliki desain yang sangat kompleks, terdiri dari 67 komponen yang digabungkan dan dibuat dengan 100.000 kali pengujian untuk menghindari mailfungsi pada kamera yang berputar.

{Baca juga: 3 Keunggulan Smartphone Oppo Terbaru, Nomor 3 Tercanggih}

SmartSensor OIS

Diliris pada MWC 2016, Oppo Smartsensor Optical Image Stabilization dibuat menggunakan sitem antiguncang dengan 3 sumbu.

Sistem antiguncang ini berbasis pada sensor, bukan pada lensa seperti yang digunakan pada perangkat smartphone yang beredar.

Sistem ini meningkatkan akurasi, penggunaan daya yang lebih rendah dan kemampuan untuk mengambil gambar lebih jelas lagi dan lebih cepat.

Dual PDAF

Oppo merilis R9 pada tahun 2016. Secara tidak langsung memperkenalkan sensor IMX 398 yang dikembangkannya bersama Sony.

Sensor ini dikembangkan bersama dengan mengadopsi sistem dual PDAF untuk menggandakan kemampuan focusing dari masing-masing pixel sehingga meningkatkan kecepatan akurasi fokus hingga 40% dan mengurangi resiko pemotretan dengan hasil yang blur.

Dual 20MP Front and Rear Camera

Di tahun 2017, Oppo R11 mengalami peningkatan pada sisi kamera depan dan kamera utama dengan resolusi 20 MP. Kamera utamanya sendiri ikut ditingkatkan menjadi kamera ganda.

Masing-masing dengan kombinasi 16 MP kamera wide angle dan 20 MP kamera telephoto. Kamrea depan mengusung resolusi 20 MP dengan lensa wide angle.

Ultra Night Mode

Di tahun 2018, Oppo kembali berinovasi dengan memperkenalkan Oppo R17 pro. Perangkat ini dibekali Ultra Night Mode.

Mode ini dikombinasikan dengan kehadiran lensa berdiafragma ganda F/1.5 dan F/2.4 yang juga dilengkapi dengan system penstabilan gambar OIS.

Inovasi Oppo ini gunanya untuk menghasilkan mode malam hari dengan hasil foto yang terang, tajam dan kaya warna hanya dengan sekali sentuhan.

5x Lossless Zoom

Diperkenalkan pada MWC 2017, teknologi 5x lossless zoom menggabungkan mekanisme zoom berbasis periskop, kamera ganda dan perangkat lunak pemrosesan gambar dengan presisi tinggi.

Terobosan kamera zoom dengan teknologi tinggi ini memungkindan diaplikasikan pada perangkat smartphone yang tipis.

10x Lossless Zoom

Pada pergelaran MWC tahun ini (2019), giliran teknologi 10x lossless zoom diperkenalkan Oppo. Teknologi pengembangan dari teknologi sebelumnya ini menggabungkan lensa dengan sudut lebar, kamera utama super jernih dan lensa telephoto yang menghadirkan kemampuan pengambilan gambar telephoto dan sudut lebar pada satu perangkat.

Oppo juga akan menyematkan teknologi OIS pada kedua lensa. Perangkat ini diklaim akan menghasilkan gambar yang jernih dan hasil foto yang lebih tajam dan mengurangi blur. [IF/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI