Waduh, Markas Militer Rahasia Ini Terungkap via Google Earth

Markas Militer Rahasia

Telset.id, Jakarta – Aplikasi Google Earth secara tidak sengaja menampilkan lokasi markas militer rahasia Taiwan. Google Earth menampilkan gambar 3D markas militer yang ada di Taipei, New Taipei, Taoyuan, dan Taichung.

Menurut laporan ZDNet, dikutip Telset.id pada Selasa (19/02/2019), sebuah markas militer yang dikabarkan memiliki misil Patriot terlihat jelas tanpa ada proses pengaburan sehingga masyarakat bisa melihatnya secara leluasa.

Menggunakan Google Earth, siapapun bakal bisa mengetahui lokasi, desain, dan struktur bangunan markas militer tempat peluncuran misil tersebut. Demikian pula Badan Keamanan Nasional dan Badan Intelijen Militer Taiwan.

{Baca juga: Keren! Wallpaper Android Ini Secanggih Google Earth}

Menteri Pertahanan Taiwan, Yen Te-fa, mengatakan bahwa sebuah grup khusus telah dibuat untuk bekerja sama dengan Google guna memastikan keamanan nasional. Google diminta untuk mengaburkan gambar markas militer.

“Sementara militer akan berusaha untuk menyamarkan markas. Tak dimungkiri, lokasi militer yang sensitif terkadang bisa terekspose karena teknologi. Hal itu terjadi tidak melulu akibat aplikasi pemetaan,” terang Yen Te-fa.

Aplikasi berbasis GPS memang dilarang oleh sejumlah angkatan militer dunia, karena alasan keamanan. Pada Agustus 2018 misalnya, Pentagon melarang anggota militer Amerika Serikat yang sedang bertugas untuk menggunakan perangkat dan aplikasi GPS. Alasannya, mereka khawatir musuh bisa tahu tentang operasi militer Amerika Serikat.

{Baca juga: Google Earth di iOS Bisa Ukur Jarak Lokasi}

Google Earth sendiri saat ini memiliki fitur menarik yang ditambahkan Google pada pertengahan 2018 lalu. Fitur ini disematkan untuk aplikasi yang berjalan untuk perangkat berbasistem operasi iOS. Google Earth untuk iPhone, iPad, atau perangkat Apple lainnya jadi punya alat pengukur jarak antarlokasi.

Alat pengukur di aplikasi Google Earth untuk perangkat iOS bisa untuk mengetahui seberapa jauh jarak antara dua titik di dunia. Alat itu bisa pula untuk mengetahui luas bidang tanah tertentu. Fungsinya sama dengan Google Earth di Android. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here