Apple Akuisisi Startup yang Pernah Bantu Google

Telset.id, Jakarta – Apple mengakuisisi PullString, sebuah startup yang bergerak di bidang artificial intelligence (AI). Dilaporkan Axios, startup yang berbasis di San Francisco  ini sebelumnya pernah membantu Google dan Amazon membangun aplikasi asisten suara.

Didirikan pada tahun 2011 oleh mantan kepala bidang teknologi di Pixar, Oren Jacob, hingga saat ini PullString menjadi perusahaan paling terkenal di industri teknologi. Bahkan menjadi  tulang punggung perangkat lunak di belakang sistem suara untuk mainan populer, seperti boneka Hello Barbie buatan Mattell.

{Baca juga: Ngeri! Ini yang Terjadi saat Artificial Intelligence Kuasai Dunia}

Tidak jelas apa yang akan didapat Apple dari kesepakatan bernilai lebih dari $44 juta dalam bentuk venture capital ini. Namun mengingat track record PullString, yang telah membantu perusahaan macam Google dan Amazon dalam membangun keterampilan Alexa dan Google Assistant, maka besar kemungkinan ada kaitannya dengan Siri.

Ya, perusahaan asal Cupertino ini bukannya tidak mungkin akan memberdayakan PullString untuk membantu mempercepat pertumbuhan aplikasi dan fitur yang didukung asisten suaranya. Apalagi saat ini kemampuan Siri masih sangat kurang bila dibandingkan dengan kemampuan yang ditawarkan Amazon dan Google.

Masih ingat dong, kelakuan Siri yang sempat membuat Donald Trump geram? Betapa tidak,  asisten pribadi berbasis Artificial Intelligence milik Appleini menyamakanTrump dengan alat kelamin pria.

Dilansir Telset.id dari The Verge, kejadian itu terjadi saat Siri ditanya soal umur orang nomor satu di Amerika Serikat tersebut.

Hasilnya, informasi terkait umur Donald Trump muncul berbarengan dengan foto kemaluan laki-laki, bukan wajah Trump sendiri.

Akhirnya muncul spekulasi atas kesalahan fatal yang dilakukan asisten digital buatan Apple itu. Bisa jadi, kesalahan tersebut diakibatkan adanya bug pada Siri. [BA/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI