Cara Perbaiki Disk Error di Windows 10

Telset.id – Ada banyak pesan kesalahan yang terjadi di PC atau laptop berbasis Windows 10 yang sangat mengganggu aktivitas kita ketika sedang bekerja, bermain game, dan lainnya. Salah satunya adalah “Disk Error” yang menampilkan pesan “Scan Drive for Error”. Lantas, bagaimana cara perbaiki Disk Error?

Perlu diketahui, Disk Error merupakan kesalahan yang cukup fatal yang bisa berakibat BSOD atau “Blue Screen of Death” pada PC atau laptop.

Kesalahan ini terjadi, kemungkinan besar karena hardisk mengalami kerusakan mekanis atau beberapa kesalahan logis lainnya. Akibatnya, sistem PC atau laptop pun menjadi terganggu, dan berpengaruh kepada aktivitas pengguna.

{Baca juga: Dukungan Microsoft untuk Windows 7 Tinggal Setahun}

Nah, dalam tulisan kali ini tim Telset.id akan memberikan cara perbaiki Disk Error di Windows 10. Ada dua cara yang akan kami bagikan, jadi simak baik-baik ya!

Gunakan Disk Check

Windows 10 memiliki aplikasi bawaan yang berfungsi untuk memeriksa hardisk yang mungkin memiliki beberapa kesalahan. Aplikasi ini juga dapat memperbaiki kesalahan yang ditemukan pada hardisk pengguna. Berikut caranya:

  • Masuk ke File Explorer, kemudian klik kanan pada partisi hardisk di mana sistem operasi di-install. Biasanya bernama OS(C:).

  • Pilih Properties, dan tekan tab Tools.
  • Lalu pada bagian Error Checking, tekan tombol Check.

  • Kemudian, tekan tombol Scan Drive untuk melanjutkan pemeriksaan dan perbaikan hardisk.

  • Ketika aplikasi menemukan kesalahan tertentu, maka aplikasi langsung memperbaikinya secara otomatis.

Startup Repair

Sama halnya seperti Disk Check, Windows 10 juga punya aplikasi lain bernama Startup Repair yang bisa memperbaiki sebagian besar masalah, khususnya pada hardisk. Berikut caranya:

  • Pertama, masuk ke Settings dan pilih Update & Security.

  • Lalu, tekan tombol Recovery. Kemudian, di bagian Advanced Setup, tekan tombol Restart Now.

  • Tunggu beberapa saat sampai muncul halaman baru. Tekan tombol Troubleshoot.

  • Kemudian, tekan Advanced Options.

  • Lalu, tekan tombol Startup Repair. Otomatis, sistem akan mulai mencari kesalahan pada PC atau laptop, termasuk masalah hardisk dan memperbaikinya secara otomatis.

Bagaimana, mudah kan caranya? Apabila terjadi kesalahan “Disk Error”, gunakan saja cara ini untuk mengatasinya ya! (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Telkomsel Ikut Ramaikan Konser Head in The Clouds

Telset.id, Jakarta – Musisi bertaraf internasional seperti Rich Brian, NIKI, Stephanie Poetri, hingga Joji akan menyapa para penggemarnya di...

Waduh! Link Group WhatsApp Muncul di Pencarian Google

Telset.id, Jakarta – Bagi Anda pengguna WhatsApp kini harus berhati-hati mengundang orang ke Group WhatsApp dengan membagikan link. Pasalnya,...

Wakil Indonesia Jadi Runner Up di Imagine Cup Asia 2020

Telset.id, Jakarta - Tim Tulibot asal Indonesia berhasil meraih posisi runner-up di ajang Imagine Cup Asia 2020. Pencapaian ini...

Siap Manjakan Gamers, Segini Harga Asus ROG Theta 7.1

Telset.id, Jakarta - Melengkapi jajaran aksesoris gamingnya, Asus resmi mengumumkan kehadiran headset gaming berjuluk ROG Theta 7.1. Dijejali banyak...

Review Samsung Galaxy A71: Ada Harga, Ada Performa!

Telset.id, Jakarta - Samsung membuka tahun 2020 dengan meluncurkan Samsung Galaxy A51 dan Galaxy A51. Kedua smartphone ini cukup...
- Advertisement -