Curi Foto Pengguna, Aplikasi “Beauty Camera” Ditendang Google

Telset.id, Jakarta – Puluhan aplikasi editing foto yang mengaku dapat mempercantik wajah penggunanya lewat fitur beauty camera” dihapus dari Google Play Store. Sebab, aplikasi tersebut diketahui telah melakukan praktek pencurian foto atau phishing.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo pada Senin (04/02/2019), hal ini pertama kali ditemukan oleh perusahaan keamanan, yakni Trend Micro.

Mereka menemukan, ada 29 aplikasi jahat di Google Play Store yang menyamar sebagai aplikasi kamera untuk kecantikan. Semuanya, hanya kedok untuk melakukan phishing dan mencuri foto pengguna.

{Baca juga: Awas! Jangan Sembarang Unduh Aplikasi ‘Beauty Camera’}

Parahnya, puluhan aplikasi tersebut telah diunduh oleh pengguna Android sebanyak jutaan kali, sampai sebelumnya dihapus oleh Google.

Cara kerjanya tergolong licik. Pengguna mula-mula akan tertipu dengan ulasan palsu bintang 5. Kemudian, ketika pengguna mulai mengedit fotonya ke aplikasi untuk menerapkan filter, aplikasi otomatis akan mengunggah foto pengguna ke server yang diketahui bernama BASE64.

Lalu, aplikasi akan mengembalikan pesan error kepada pengguna agar mereka segera memperbarui aplikasi. Bahkan, beberapa aplikasi di antaranya akan meneruskan pengguna ke situs phishing untuk mencuri informasi pribadi mereka, dan memuat iklan secara penuh di layar pengguna, termasuk iklan porno.

{Baca juga: Google Hapus 22 Aplikasi Malware dari Play Store, Ini Daftarnya}

Kejadian ini terus berulang kali terjadi di platform Google Play Store. Sebelumnya, Google hapus 22 aplikasi dari layanan Google Play Store. Penyebabnya, Google menilai aplikasi tersebut dirancang untuk mengelabui para pengiklan dan penggunanya dengan memanfaatkan malware khusus.

22 aplikasi malware tersebut diketahui mengumpulkan pendapatan dengan berpura-pura bahwa pengguna smartphone telah mengakses iklan tersebut. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Vivo S6 5G Melenggang Resmi dengan Otak Exynos 980

Telset.id, Jakarta - Smartphone 5G terbaru Vivo, yakni Vivo S6 5G akhirnya meluncur. Masuk ke segmen menengah ke atas, Vivo...

Giliran Blibli Donasi APD untuk Petugas Medis Covid-19

Telset.id, Jakarta - Blibli turut memberikan donasi berupa alat pelindung diri atau APD untuk para petugas medis yang menangani...

Zoom Bantah Jual Data Pribadi Pengguna ke Facebook

Telset.id, Jakarta - Diterpa isu tak sedap soal privasi data, aplikasi video conference Zoom akhirnya buka suara. Zoom secara...

Rekomendasi 5 Senjata Terbaik dan Mematikan di COD Mobile

Telset.id - Call of Duty Mobile merupakan salah satu game FPS yang digemari para gamers Android dan iOS. Dalam COD...

Gerakan #BetterAtHome, Pesan HP Terbaru Oppo Bisa via WhatsApp

Telset.id, Jakarta - Oppo mengkampanyekan gerakan #BetterAtHome sebagai dukungan atas imbauan pemerintah untuk mencegah pandemi virus corona atau Covid-19...
- Advertisement -