Aneh, Meizu Zero Diperkenalkan Tanpa Lubang dan Tombol

Telset.id, Jakarta – Meizu memperkenalkan smartphone pertama di dunia yang sama sekali tidak memiliki lubang ataupun tombol. Meizu Zero, demikian brand asal China ini menyebutnya, merupakan smartphone aneh dan berbeda dibandingkan smartphone lainnya saat ini.

Disebut aneh, karena smartphone ini selain tidak memiliki lubang dan tombol sama sekali, tidak tampak juga lubang speaker, slot kartu SIM, dan port pengisian baterai.

Melansir dari The Sun, pada Selasa (29/01/2019), meski seperti smartphone dengan “pengalaman serba terbatas”, namun sebenarnya Meizu merancang Meizu Zero dengan sejumlah pemikiran solusi cerdas.

{Baca juga: Setelah SuperVOOC, Smartphone Oppo akan Punya Wireless Charging}

Sebab, ada beberapa fitur yang “menutupi kekurangan” pada smartphone ini. Seperti adanya pemindai sidik jari yang berada di bawah layar.

Kemudian, teknologi wireless charging, sehingga pengguna tidak perlu menghubungkan kabel ke port pengisian baterai smartphone. Meizu memberikan pad wireless charging pada paket pembelian yang bisa dimanfaatkan oleh para penggunanya.

Lalu, sebagai pengganti tidak adanya slot kartu SIM, Meizu memilih teknologi eSIM pada smartphone-nya. Sekadar informasi, eSIM merupakan kepanjangan dari Embedded SIM atau kartu yang tertanam. Pengguna tidak akan memiliki port kartu SIM di smartphone-nya, dan mereka secara fisik tidak dapat mengeluarkannya dari perangkat.

{Baca juga: Mengenal Teknologi eSIM, Pengganti SIM Card di Era IoT}

eSIM tersimpan di dalam motherboard dan tidak bisa dilepas. Namun, seperti kartu SIM yang dapat ditukar, pengguna dapat mengubah kartu SIM ke jaringan yang berbeda jika tidak dikunci.

Yang cukup mengesankan adalah, speaker Meizu Zero yang mendukung teknologi mSound 2.0 In-Screen Sound Technology. Itu berarti, layar smartphone juga berfungsi sebagai speaker, untuk mengganti tidak adanya lubang speaker.

{Baca juga: Canggih, Speaker Ini Bisa Ajari Pengguna Bahasa China}

Meizu tidak menjelaskan dengan tepat bagaimana ini bekerja, tetapi diduga teknologi itu merupakan semacam mekanisme getaran pada layar AMOLED berukuran 5,99 inci. Layar ini akan menghasilkan gerakan mikro tertentu yang menciptakan efek audio.

Secara teknis, sebenarnya ada tombol di sisi smartphone. Tapi, tombol itu tidak terlihat dan rata dengan permukaan body. Ini karena, smartphone dilengkapi dengan sensor sentuh kapasitif, yang memberikan umpan balik berupa getaran untuk memberi tahu pengguna bahwa mereka telah menekannya.

Meski sudah diperkenalkan, namun Meizu masih belum mengungkapkan berapa harganya dan kapan smartphone unik ini akan dirilis. (BA/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

7 Tips Merawat Earphone Agar Tetap Awet dan Bersih

Telset.id, Jakarta - Earphone merupakan perangkat pendukung bagi pengguna smartphone. Untuk itu earphone harus dirawat dengan baik supaya tetap...

Permintaan PC dan Laptop Meningkat Selama Covid-19

Telset.id, Jakarta - Covid-19 membuat orang terpaksa harus bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal ini secara...

China Gunakan AI untuk Pantau Perilaku Pekerja Konstruksi

Telset.id, Jakarta - Institute of Automation di Beijing, China mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memantau perilaku pekerja konstruksi...

Ilmuwan Berhasil Identifikasi Zat Misterius di Sisi Jauh Bulan

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan berhasil mengidentifikasi zat misterius yang ditemukan di sisi jauh Bulan. Zat aneh seperti gel...

Instagram Akan Blokir Iklan Terapi Konversi Orientasi Seksual

Telset.id, Jakarta - Instagram akan memblokir iklan terapi konversi di platform mereka. Terapi konversi sendiri merupakan terapi yang bertujuan...
- Advertisement -