Gokil! Pendapatan Industri Game Kalahkan Industri Film Hollywood

Telset.id, Jakarta – Besarnya pasar video game tampaknya bukan cuma mitos. Terbukti, pendapatan yang diraup dari industri game berhasil melampaui pendapatan yang diterima para pelaku industri film di sepanjang tahun tahun 2018 lalu.

Dilansir Telset.id dari ESTNN pada Jumat (25/01/2019), menurut data dari Entertainment Software Association dan lembaga riset The NPD Group pendapatan video game naik 18% dari tahun 2017 menjadi $ 43,8 miliar atau Rp 617,2 triliun.

Angka ini lebih tinggi ketimbang pendapatan di dunia film. Laporan Deadline Hollywood mengatakan bahwa di tahun 2018 industri film berhasil meraup pendapatan lebih dari $ 41,7 miliar atau Rp 587,6 triliun.

Memang besarnya pendapatan industri video game juga didukung oleh penjualan perangkat keras pendukung untuk bermain. Di tahun 2018 penjualan mouse dan keyboard juga tumbuh lebih dari 15% dari $ 6,5 miliar menjadi $ 7,5 miliar atau Rp 105,6 triliun.

{Baca juga: Hey Gamers! Ini Cara Download Map Vikendi di PUBG Mobile}

Popularitas industri video game diakui juga oleh perusahaan TV dan layanan streaming. CEO Netflix Reed Hastings pada laporan triwulan terbaru mengakui jika industri video game khususnya Fortnite adalah bagi Netflix, HBO dan layanan streaming lainnya.

Menurut survei penggunaan waktu dari Departeman Tenaga Kerja Amerika Serikat (AS) lebih banyak orang menghabiskan waktu bermain video game daripada menonton televisi.

Tetapi pihak Netflix tetap menilai jika orang tetap bermain game dan menonton berlangganan Netflix atau layanan streaming lainnya. Netflix telah mencoba untuk menghadapi tren ini sebelumnya. Tahun lalu, Netflix merilis Telltale’s Minecraft: Story Mode pada layanan streaming mereka.

{Baca juga: Riset: Jumlah Gamer di AS dan Kanada Meningkat 5%}

Sebelum Telltale’s bubar September lalu, mereka sedang mengerjakan game Stranger Things yang dikonfirmasi dalam kemitraan dengan Netflix.  Mereka mengatakan  sedang dalam proses mengevaluasi opsi lain untuk menghidupkan semesta Stranger Things menjadi hidup dalam media interaktif game.

Di Amerika dan Kanada sendiri jumlah pemain game atau gamers mengalami peningkatan sekitar 5%. Data tersebut berdasarkan laporan baru dari perusahaan metadata videogame EEDAR dan perusahaan intelijen pasar, Sensor Tower.

Menurut laporan bertajuk “Dekonstruksi Mobile & Tablet Gaming 2019”, seperti dilansir dari Thestar, dari 283,1 juta pengguna seluler di AS dan Kanada, 210,9 juta diantaranya adalah gamer. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Smartphone Lipat Terbaru Huawei Bernama Mate V?

Telset.id, Jakarta  - Benarkah smartphone lipat terbaru Huawei bakal bernama Mate V? Setidaknya, nama itu muncul pada 3 Juli...

Asyik! Beli Stiker Line Terbaru Bisa Bayar via Gopay

Telset.id, Jakarta - Kabar gembira bagi Anda yang suka menggunakan stiker lucu dari Line saat chatting. Pasalnya, kini Line...

Google Hapus 25 Aplikasi Jahat dari Play Store

Telset.id, Jakarta  - Google menghapus 25 aplikasi jahat dari Play Store. Aplikasi tersebut mengandung malware yang berbahaya bagi perangkat Android...

7 Juli 2020, Telkom dan Telkomsel Buka Blokir Netflix?

Telset.id, Jakarta – Kabar Telkom buka blokir Netflix sudah tersebar luas sejak sebulan yang lalu. Janji itu kabarnya akan...

Denny Siregar Sulit Gugat Telkomsel dan Kominfo, Ini Alasannya

Telset.id, Jakarta - Denny Siregar gugat Telkomsel dan Kominfo atas kasus kebocoran data. Apakah Denny bisa menggugat Penyelenggara Sistem...
- Advertisement -