Studi: Orang Indonesia Kerja Ribuan Jam Demi iPhone XS

Telset.id, Jakarta – Sebuah studi mengungkapkan, bahwa rata-rata orang Indonesia harus kerja ribuan jam agar dapat membeli iPhone XS impian mereka. Sekadar informasi, harga iPhone XS di Indonesia untuk model termurahnya saja mencapai mencapai Rp 20.499.000.

Studi ini diadakan oleh portal diskon online, Cuponation. Mereka memperkirakan berapa lama orang Indonesia harus bekerja agar bisa membeli iPhone terbaru, setelah membandingkan jumlah rata-rata Upah Minimun Provinsi (UMP) 2019 dari 33 provinsi di Indonesia dengan harga resmi dari setiap model iPhone yang dijual melalui Apple premium reseller.

Berdasarkan laporan yang diterima tim Telset.id pada Rabu (23/01/2019), apabila seseorang bekerja dan menggunakan 100% gajinya untuk membeli iPhone XS model 64 GB, maka ia harus bekerja selama 1.400,6 jam agar dapat membelinya.

{Baca juga: Lebih Mahal, Segini Harga iPhone XS di Indonesia}

Apabila dikalkulasi dengan asumsi waktu bekerja selama 8 jam per hari selama lima hari kerja dalam seminggu, maka orang Indonesia perlu bekerja selama 175,1 hari atau sekitar 8,8 bulan.

Waktu bekerja demi mendapatkan iPhone impian bakal lebih lama, apabila ingin membeli iPhone XS Max model 64 GB. Karena dihargai Rp 22.499.000, maka rata-rata orang Indonesia harus bekerja selama 1.537,2 jam atau 192,2 hari atau sekitar 9,6 bulan untuk dapat membelinya.

{Baca juga: Pemuda Ini Beli iPhone XS Pakai Uang Koin Satu Bak Mandi}

Beruntung, iPhone XR dibanderol dengan harga yang lebih murah oleh Apple. Sehingga orang Indonesia yang ingin membelinya, bisa membelinya dengan bekerja selama 1.038,5 jam atau 129,4 hari atau sekitar 6,5 bulan. Bagaimana, rela bekerja ribuan jam demi iPhone terbaru? (NM/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI