Pertama Kali China Berhasil Tanam Tumbuhan di Bulan

Telset.id, Jakarta – Untuk pertama kalinya di dunia, para ilmuwan China menebarkan bibit tanaman di permukaan bulan. Hebatnya, eksperimen ini menjadi tanaman pertama yang berhasil tumbuh di luar angkasa.

“Ini adalah pertama kalinya manusia melakukan percobaan pertumbuhan biologis pada permukaan bulan,” kata Xie Gengxin, yang memimpin percobaan.

Sebelum meluncurkan Chang’e 4 ke Bulan, para peneliti memasukkan sebuah wadah berukuran 7 inci yang menampung udara, air, dan tanah. Di dalamnya terdapat biji kapas, bibit kentang, dan biji arabidopsis, serta telur lalat buah dan ragi.

Kini para tim peneliti mengatakan, biji kapas itu telah bertunas, sejak mendarat di bulan pada 3 Januari, menurut gambar yang dirilis oleh Advanced Research Research Institute di Universitas Chongqing. Ini berarti, astronot berpotensi memanen makanan mereka sendiri di luar angkasa.

{Baca juga: Edan! China akan Bikin Bulan Buatan Sendiri}

“Kami telah mempertimbangkan kelangsungan hidup di ruang angkasa di masa depan. Mempelajari tentang pertumbuhan tanaman di lingkungan dengan gravitasi rendah akan memungkinkan kami untuk meletakkan fondasi bagi pembentukan pangkalan ruang angkasa kami di masa depan, ”kata Profesor Liu Hanlong.

Dia mengatakan kentang bisa menjadi sumber makanan utama bagi penjelajah luar angkasa. Sedangka kapas bisa digunakan untuk pakaian dan rapeseed bisa menjadi sumber minyak, seperti dilansir dari South China Morning Post.

Sebelumnya, tumbuhan sudah pernah ditanam di Stasiun Luar Angkasa Internasional, namun belum pernah dilakukan di bulan.

Baca juga: NASA akan ‘Ngebor’ Isi Perut Mars, Mau Ngapain?

Kemampuan untuk menumbuhkan tanaman di satelit Bumi akan menjadi bagian integral untuk misi luar angkasa jangka panjang, seperti halnya perjalanan ke Mars, yang akan memakan waktu sekitar dua setengah tahun. [BA/HBS]

Sumber : NY Post

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI