Ternyata, AirPods Bisa Jadi Alat Bantu Dengar

Telset.id, Jakarta – Selama ini, AirPods hanya dipakai untuk mendengarkan musik. Banyak yang belum tahu, bahwa perangkat ini memiliki fitur “Live Listen” yang bisa memperkuat suara, dan memungkinkannya berfungsi ganda sebagai alat bantu dengar.

Apple telah lama membanggakan diri dengan fitur aksesibilitas yang dibangun di dalam perangkatnya
Fitur ini dapat menjadi alat bantu dengar untuk membantu orang-orang yang sulit mendengar atau memiliki keterbatasan penglihatan, agar lebih mudah saat menggunakan produk.

Dalam beberapa kasus, perangkat Apple dapat digunakan untuk memudahkan kehidupan konsumen. Namun, selama ini fitur tersebut tidak banyak diulas karena sebenarnya bukan fungsi utama.

Fitur Live Listen menggunakan mikrofon pada iPhone dan kemudian menyalurkan audio ke AirPods. Jadi, jika Anda sulit mendengar ketika sedang bercakap-cakap dengan seseorang, Anda dapat meletakkan iPhone di atas meja, atau memegangnya di dekat dengan mulut lawan bicara Anda.

{Baca juga: AirPods akan Terhubung dengan Siri}

AirPods akan memperkuat suara percakapan atau suara lawan bicara. Bahkan, si pengguna dapat bermain menjadi seorang mata-mata dengan fitur ini.

Ketika Anda meninggalkan iPhone di atas meja, iPhone akan terus mengirim audio ke AirPods, dan mendengarkan percakapan, bahkan ketika Anda menjauh dari lokasi, selama AirPods masih terhubung dengan iPhone melalui koneksi Bluetooth.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan dan menggunakan fitur “Live Listen” AirPod? Caranya sangat mudah.

Pertama, buka pengaturan di iPhone, pilih pusat kontrol, lalu pilih kustomisasi kontrol, ketuk tombol hijau + untuk menambahkannya ke daftar pusat kendali.

Ketika pengguna ingin menggunakannya, aktifkan Live Listen dengan membuka pusat kendali. Tempatkan AirPod ke telinga Anda.

Kemudian, dari layar beranda, geser ke bawah dari kanan atas layar pada iPhone X atau yang lebih baru. Atau, geser ke atas dari bawah pada iPhone 8 atau seri di bawahnya.

Ketuk ikon telinga, ketuk opsi “Live Listen”. Letakkan iPhone di atas meja atau pegang di dekat mulut seseorang. Selanjutnya, Anda akan mendengar mereka berbicara langsung melalui AirPod, seolah-olah sedang menelepon.

{Baca juga: AirPods Terbaru Punya Teknologi Anti-Bising?}

Fitur Live Listen akan tetap di Control Center sehingga dapat menyalakannya kapan pun Anda mau. Hanya saja, jangan lupa untuk mematikannya ketika tidak menggunakannya, atau musik yang diputar, akan terdengar sangat terdistorsi. [BA/HBS]

Sumber: CNBC

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI