3 Prediksi Tren Smartphone Tahun Ini Menurut Oppo, Apa Saja?

Telset.id, Jakarta – Tahun lalu, tren smartphone lebih ke memaksimalkan desain bezelless dengan memperkecil bingkai yang mengelilingi layarnya, ditambah dengan adanya notch atau poni di bagian atasnya. Selain itu peningkatan fitur kamera pun tak luput dari perhatian brand smartphone di tahun lalu. Lantas, seperti apa prediksi tren smartphone di tahun 2019?

Oppo memberikan pendapatnya soal prediksi tren smartphone tahun ini. Diungkapkan oleh PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, setidaknya ada tiga tren yang bakal diadopsikan pada smartphone yang dirilis di tahun 2019.

Tren pertama menurutnya adalah layar. Diprediksi di tahun ini, layar smartphone akan semakin tipis bezel-nya.

{Baca juga: Ini 4 Prediksi Tren Teknologi di 2019}

Ada dua model yang mungkin diaplikasikan, seperti model notch yang lebih kecil seperti Oppo R17 Pro, Oppo F9, dan smartphone sejenisnya. Lalu, smartphone tanpa notch sama sekali, dengan menggunakan teknik seperti Oppo Find X.

Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

“Tren ke depan sudah kelihatan. Layar yang punya notch seperti R17 Pro atau tidak punya notch sama sekali dengan teknologi mekanik seperti Find X,” jelasnya saat ditemui usai First Sale Oppo R17 Pro, di Jakarta, Kamis (17/01/2019).

Tren kedua adalah desain dengan warna gradasi yang lebih bebas. Tahun lalu, warna gradasi pada smartphone terbatas hanya efek warna yang terbagi antara bagian atas dan bawah, atau kiri dan kanan yang ditambah dengan adanya pola cahaya.

{Baca juga: Oppo Ogah Ikutan Tren “Smartphone Empat Kamera”}

Tapi sekarang, warna gradasinya akan jauh lebih bebas. Sebab, tidak ada lagi batas atau garis tengah yang memisahkan perpaduan warna gradasi tersebut, seperti desain Oppo R17 Pro.

Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

“Sekarang gradasi gak ada garis tengah, karena untuk memperlihatkan kebebasan,” ujarnya.

Terakhir adalah teknologi 5G. Namun sayang, Aryo mengatakan tren itu belum berlaku di Indonesia di tahun ini. Penyebabnya, aturan soal teknologi jaringan super cepat dengan latency yang rendah tersebut belum ada di Indonesia.

Meski demikian, Oppo sendiri telah siap soal teknologi 5G. Perusahaan asal China ini telah mempunyai dan memamerkan smartphone 5G-nya, yakni Oppo Find X.

“Di Indonesia belum ada, karena aturannya belum ada. Untuk device 5G, Oppo kan sudah punya,” papar Aryo.

{Baca juga: Oppo Kenalkan Prototipe Smartphone 5G Pertamanya}

Sekadar informasi, Oppo Find X 5G tersebut ditopang oleh prosesor Snapdragon 855 dan telah disematkan modem X50 5G dari Qualcomm.

OPPO, Qualcomm dan Keysight Technologies Inc., selaku perusahaan yang memproduksi peralatan dan perangkat uji serta pengukuran elektronik, telah mendemonstrasikan konektivitas data dan aplikasi 5G termasuk browsing, pemutaran video online, dan panggilan video menggunakan prototipe Find X 5G.

Kedepannya, seperti dijelaskan pihak Oppo, perusahaan akan terus memperdalam kolaborasinya dengan Qualcomm, produsen infrastruktur jaringan, penyedia layanan telekomunikasi dan mitra rantai pasokan lainnya dalam membangun ekosistem 5G.

Oppo kini sedang dalam pembicaraan dengan penyedia layanan telekomunikasi di Cina, Eropa, Australia dan pasar luar negeri lainnya, dengan rencana untuk meluncurkan produk 5G komersial tahun ini.

{Baca juga: Siapkah Indonesia Menyambut Teknologi 5G? Ini Kata Qualcomm}

Saat ini memang sudah ada beberapa negara yang menyatakan kesiapannya untuk menyambut teknologi 5G, seperti Amerika Serikat, Korea, China, Jepang, dan beberapa negara Eropa lainnya. Namun untuk Tanah Air, itu tergantung dengan pemerintah untuk menentukan kapan Indonesia siap mengadopsi teknologi 5G.

Hal ini dikatakan oleh Senior Manager Marketing Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto beberapa waktu lalu. Menurutnya, pemerintah harus benar-benar memastikan spektrum frekuensi yang akan digunakan untuk 5G ke depannya. Jika sudah, kemudian giliran operator Indonesia yang mempersiapkan teknologinya. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Apple Hadirkan Trackpad di Smart Keyboard untuk iPad Pro

Telset.id, Jakarta - Satu nilai jual iPad Pro adalah aksesori Smart Keyboard yang dijual secara terpisah. Sejauh ini, aksesori...

Peneliti Lihat “Mini Moon” Mengorbit Bumi, Berbahayakah?

Telset.id, Jakarta - Hanya ada satu bulan yang berputar-putar mengelilingi planet Bumi. Namun, baru-baru ini peneliti mengaku baru saja...

Wow! Hewan Ini Bisa Hidup Tanpa Oksigen

Telset.id, Jakarta - Para peneliti menemukan hewan pertama dari jutaan spesies yang diketahui dapat bertahan hidup tanpa oksigen. Adalah...

Kenapa Kominfo Pilih Gunakan Skema Whitelist?

Telset.id, Jakarta - Dirjen SDPPI Kominfo Ismail menjelaskan alasan Kominfo menggunakan skema whitelist dalam penerapan aturan blokir IMEI. Menurutnya...

Lima Smartphone Kamera 48MP di bawah Rp 3 Juta

Telset.id, Jakarta - Smartphone dengan kamera 48MP adalah tren yang menjamur di tahun 2019 kemarin. Beragam smartphone, mulai dari...
- Advertisement -