Telset Editor’s Choice 2018: Best Camera Smartphone

Telset.id – Hampir setiap smartphone baru yang diluncurkan di Indonesia, pasti mengunggulkan teknologi ataupun fitur kamera smartphone yang disematkan di dalamnya. Para pabrikan ponsel selalu mengatakan, “Kamera ini punya aperture yang besar”, “Punya kamera ganda dengan teknologi AI” di fitur kamera, dan klaim lainnya yang biasa dilihat saat smartphone pertama kali diperkenalkan.

Tapi benarkah demikian? Well, ada segelintir smartphone yang benar-benar mempunyai kamera berkualitas dan terbaik dibandingkan smartphone lain di kelasnya masing-masing.

Dari lumayan banyaknya smartphone dengan kamera terbaik, kami memilih lima kandidat saja yang bisa masuk ke kategori “Best Camera Smartphone”.

Kelima kandidat tersebut adalah, Huawei P20 Pro, Huawei Mate 20 Pro, Samsung Galaxy Note 9, Samsung Galaxy 9+, dan iPhone XS Max.

Berdasarkan penilaian kami yang dilalui oleh beberapa perdebatan, akhirnya tim redaksi Telset.id sepakat untuk memilih Huawei P20 Pro sebagai smartphone dengan kamera terbaik di tahun 2018.

{Baca juga: Review Huawei P20 Pro: Kamera Canggih dan Performa Apik}

Smartphone ini punya kekuatan kamera yang lengkap. Lensa utama beresolusi besar, terdapat lensa monokrom untuk mendukung pengguna memotret foto B&W, sampai teknologi berbasis AI yang sangat membantu proses pengambilan gambar.

Huawei P20 Pro mengandalkan tiga kamera utama di bagian belakangnya yang juga didukung oleh teknologi besutan perusahaan kamera asal Jerman, Leica. Masing-masing kameranya beresolusi 40 MP lensa RGB aperture f/1.7, 20 MP lensa monokrom dengan aperture  f/1.6, serta 8 MP lensa telephoto aperture f/2.4.

Berbeda dibandingkan Mate 20 Pro yang “kehilangan” konfigurasi kamera RGB dan B&W, P20 Pro tetap mengusung “kekuatan klasik” dari kamera smartphone flagship Huawei, yakni adanya lensa lensa RGB dan B&W. Sebab, kedua lensa itu mampu menghasilkan gambar yang punya kualitas terbaik, dan detail yang mengagumkan.

Apalagi ditambah dengan teknologi berbasis AI bernama Master AI yang dapat mengenali objek atau skenario foto yang akan ditangkap oleh pengguna. Sehingga, pengguna dimudahkan untuk memotret di berbagai suasana atau skenario foto.

{Baca juga: 5 Smartphone yang Cocok Banget Buat Nge-Vlog}

Huawei P20 Pro juga jago untuk urusan potret dengan mode monokrom, apalagi lensa yang digunakan beresolusi 20 MP aperture f/1.6 yang mampu menghasilkan foto monokrom terbaik dengan detail yang bagus.

Jangan lupakan lensa telephoto P20 Pro yang menawarkan optical zoom sampai 3x. Juga, ketika ketiga kamera utama dikombinasikan, mampu menghasilkan hybrid zoom dari 5x sampai maksimum 10x.

Untuk spesifikasi secara keseluruhan, Huawei P20 Pro mengusung layar memanjang berukuran 6,1 inci beresolusi FHD+ dengan aspek rasio 18,7 : 9. Smartphone tersebut ditopang oleh mesin utama high-end dan berkemampuan tinggi. P20 Pro ditenagai oleh prosesor octa-core 2.4 GHz HiSilicon Kirin 970, GPU Mali G72 MP12, RAM 6GB, ROM 128GB, dan baterai berkapasitas 4,000 mAh.

Selamat untuk Huawei P20 Pro yang jadi smartphone kamera terbaik di tahun 2018. Untuk kandidat lainnya, jangan kecewa. Sebab, kalah bukan berarti tidak berkualitas, karena yang penting Huawei Mate 20 Pro, Samsung Galaxy Note 9, Samsung Galaxy S9+ dan iPhone XS Max telah sukses melewati berbagai smartphone dengan kamera bagus lainnya yang tidak masuk kandidat di kategori ini. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Kominfo Pantau Hoaks RUU Cipta Kerja di Media Sosial

Telset.id, Jakarta - Menkominfo Johnny G. Plate mengaatakan pihaknya akan memantau isu-su terkait RUU Cipta Kerja di media sosial...

Tips Hindari Serangan Cyber “APT” yang Mengancam Indonesia

Telset.id, Jakarta - Kaspersky mengungkapkan bahwa serangan Advanced Persistent Threats atau APT menjadi ancaman cyber yang serius dan lebih berbahaya bila dibandingkan dengan malware yang ada sekarang....

Sah! Aturan Blokir Ponsel BM Berlaku 18 April Mendatang

Telset.id, Jakarta - Menkominfo Johnny G. Plate memastikan aturan blokir ponsel BM atau black market melalui IMEI akan berlaku pada...

Waspada! Serangan Cyber Berbahaya Intai Pengguna di Indonesia

Telset.id, Jakarta - Kasperksy mengungkapkan adanya peningkatan serangan cyber berbahaya di Asia Tenggara yang terjadi sepanjang tahun 2019. Kaspersky mengatakan, serangan...

Tips Foto Bokeh dengan Smartphone, Biar Lebih Maksimal

Telset.id, Jakarta - Bokeh menjadi salah satu pengalaman fotografi yang umum digunakan pada smartphone saat ini. Tidak seperti dahulu...
- Advertisement -