Asus Masih Kuasai Pasar Laptop Indonesia

Telset.id, Jakarta Asus kembali mempertahankan dominasinya di pasar laptop Indonesia. Menurut lembaga riset GfK, hingga bulan November 2018 Asus menguasai pasar sebesar 41,8 persen untuk laptop consumer.

Angka tersebut naik dari 41,2 persen di tahun sebelumnya. Kenaikan ini didukung oleh penjualan notebook ultrathin serta gaming yang mengalami pertumbuhan sepanjang 2018.

“Asus menutup tahun dengan gemilang dan memperkuat posisi sebagai brand laptop nomor satu di Indonesia,” ucap Jimmy Lin, Regional Director ASUS South East Asia, dalam keterangan pers yang diterima Telset.id, Selasa (15/01/2019).

Menurut Jimmy, inovasi merupakan kunci keberhasilan mereka. Berbagai teknologi baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna telah dihadirkan di jajaran laptop mereka pada sepanjang tahun lalu.

Pencapaian tertinggi diraih Asus di segmen notebook ultrathin yang menurut GfK berhasil mencatat penguasaan pasar sebesar 23 persen, meningkat hampir empat kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya 5,4 persen.

Catatan apik juga ditunjukkan seri ZenBook dan VivoBook, yang mulai mendapatkan banyak perhatian di kalangan masyarakat Indonesia sepanjang tahun 2018 lalu.

{Baca juga: Asus ROG Zephyrus S GX701, Ringkas tapi Powerful}

Selain itu, Asus kembali menorehkan prestasi di pasar laptop gaming berbasis Nvidia GTX. Melalui seri Republic of Gamers dan TUF Gaming, pabrikan asal Taiwan ini berhasil meningkatkan eksistensinya dengan penguasaan pasar mencapai 60,1 persen.

Di pasar laptop gaming ini juga mereka menjadi yang terdepan dalam hal penjualan laptop berbasis GPU Nvidia GeForce GTX 1050, GTX 1050Ti, dan GTX 1060.

Di tahun 2018, Asus gencar megadopsi teknologi NanoEdge Display dan ErgoLift Design. Tidak hanya untuk segmen laptop premium, teknologi eksklusif tersebut juga hadir di laptop mainstream seperti VivoBook S430 yang dirilis akhir 2018.

Penerapan teknologi layar hampir tanpa bezel (bezeless) juga terdapat di lini laptop gaming, menjadikan jajaran ROG dan TUF Gaming terbaru tampil lebih ringkas dari kompetitornya.

Inovasi Asus di 2019

Di tahun 2019, Asus sudah mempersiapkan berbagai inovasi untuk disematkan pada sejumlah laptop terbaru mereka. Salah satu inovasi terbarunya pada awal tahun ini telah dipamerkan di CES 2019.

Di ajang pameran elektronik terkemuka itu, Asus memperkenalkan jajaran laptop gaming pertama di dunia yang menggunakan GPU Nvidia GeForce RTX. Tidak tanggung-tanggung, ASUS menghadirkan GPU GeForce RTX ke semua lini laptop ROG mulai dari ROG Strix, ROG Zephyrus, ROG G703, serta ROG Mothership.

“Meluncurnya laptop ROG berbasis GeForce RTX membuat 2019 sebagai tahun istimewa untuk para gamer,” sebut Jimmy.

{Baca juga: Asus VivoBook S330, Laptop 13 Inci Berbodi Ramping}

Khusus untuk laptop consumer, ASUS terus mengembangkan teknologi yang dapat membuat laptop menjadi lebih ringkas dan mudah dibawa bepergian. Seri ZenBook terbaru yang akan dirilis tanggal 17 Januari di Indonesia adalah salah satu contohnya.

Laptop terbaru ini tampil sebagai laptop paling ringkas di dunia dengan ukuran tidak lebih dari kertas A4. Tidak hanya di kelas consumer, laptop profesional juga hadir dengan desain super ringkas, yakni StudioBook yang merupakan mobile workstation yang ditenagai oleh prosesor Intel Xeon dan GPU Nvidia Quadro. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Benarkah Tabrakan Galaksi Pacu Pembentukan Tata Surya?

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan mengemukakan bahwa peristiwa tabrakan dalam skala kolosal berupa jatuhnya dua galaksi kemungkinan telah membuka...

Rekomendasi 10 Aplikasi Karaoke Terbaik Android 2020

Telset.id, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat banyak tempat karaoke ditutup sementara. Tetapi bagi Anda yang hobi bernyanyi atau karaoke...

China Siap Balas Kanada Menyoal Putusan Ekstradisi Bos Huawei

Telset.id, Jakarta - Putusan pengadilan yang mengizinkan ekstradisi bos Huawei, Meng Wanzhou, ke Amerika Serikat (AS) pada Rabu (27/5/2020)...

Muncul di Kelas Zoom Anaknya Sambil Telanjang, Ibu Ini Ngakak

Telset.id, Jakarta  - Seorang ibu tiga anak asal Jacksonville, Florida, AS, Ashley Foret Smith, secara tidak sengaja membuat penampakan...

Benarkah iPhone 12 Bakal Hadir dengan Warna Navy Blue?

Telset.id, Jakarta - Apple disebut-sebut akan menghilangkan warna Midnight Green di iPhone 12, untuk kemudian diganti dengan Navy Blue....
- Advertisement -